Imigrasi Terbitkan Visa Diaspora untuk Dukung Ekonomi Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Imigrasi Terbitkan Visa Diaspora untuk Dukung Ekonomi Indonesia

Editor: Redaksi
Kamis, 16 November 2023 22:01 WIB

Silmy Karim, Direktur Jenderal Imigrasi.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Indonesia beri kenyamanan dan kemudahan bagi diaspora Indonesia untuk bisa berkunjung ke tanah air dengan mudah.

, , mengatakan visa diaspora dapat langsung diberikan untuk masa tinggal lima atau sepuluh tahun.

" yang ingin memberi sumbangsih kepada tanah air terbentur dengan belum adanya kebijakan yang memfasilitasi. Diaspora adalah aset, sehingga kita hadirkan visa diaspora sebagai jawaban untuk kesulitan mereka," ujar Silmy di Gedung Ditjen Imigrasi, Jakarta, Kamis (16/11/2023).

"Sekarang, diaspora Indonesia mudah untuk tinggal lama dan berkontribusi di Indonesia. Mereka bisa merasakan bahwa tanah air kita adalah rumah mereka juga, dimana mereka bisa berkarya. Jadi ada sense of belonging kepada Indonesia," tambahnya.

Silmy melanjutkan, visa diaspora juga memberikan berbagai kemudahan lain, yaitu langsung mendapatkan izin tinggal. Permohonan visa diaspora dapat diajukan melalui evisa.imigrasi.go.id dengan mudah dan ringkas.

Visa diaspora diajukan tanpa penjamin. Persyaratan permohonannya meliputi:

a. Paspor dengan masa berlaku minimal 12 (dua belas) bulan;

b. Bukti biaya hidup;

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video