Sopir Taqlid dan Sopir Goblok, Tafsir Al-Quran Aktual Dr KH Ahmad Musta'in Syafi'i | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sopir Taqlid dan Sopir Goblok, Tafsir Al-Quran Aktual Dr KH Ahmad Musta'in Syafi'i

Editor: MMA
Sabtu, 25 November 2023 06:43 WIB

Dr KH Ahmad Musta[in Syafi'i. Foto: ist

Oleh: Dr KH Ahmad Musta’in Syafi’i

PENGANTAR REDAKSI BANGSAONLINE

Rubrik Tafsir Al-Quran Aktual ini diasuh oleh pakar tafsir Dr KH A. Musta'in Syafi'i dari Pesantren Jombang Jawa Timur. Tafsir ini ditulis secara khusus untuk pembaca , surat kabar yang berkantor pusat di Jl Cipta Menanggal I nomor 35 Surabaya. Tafsir ini terbit tiap hari, kecuali Ahad. Selamat membaca, semoga bermanfaat:

Ber itu sopan dan tanda keimanan. Semua pengendara, sopir kendaraan di dunia ini mesti Taqlid kepada fatwa Polilsi Lalu lintas dengan membaca rambu-rambu yang polisi pasang. Misalnya, di persimpangan jalan ada petunjuk, ke arah kanan menuju Surabaya, 60 km, ke arah kiri menuju Madiun, 100 km.

Sopir kendaraan yang cerdas, langsung mengarahkan kendaraannya sesuai arahan rambu. Mereka lakukan itu mantap dan yakin, tanpa ragu dan tanpa rewel. Itulah bentuk keimanan seorang " rel="tag">sopir . Dan hasilnya pasti benar, mudah, praktis dan efesien.

Beda dengan sopir yang sok intelek, tapi aslinya goblok. Di persimpangan itu memang mau ke kanan, ke arah Surabaya, tapi dia tidak begitu saja mau ber kepada Rambu Polisi. Dia tidak percaya dan mau berijtihad sendiri. Lalu turun dari kendaraan.

Mobilnya diparkir di tepi jalan dan dia menapaki jalan ke arah kanan menuju Surabaya sambil membawa meteran untuk membuktikan sendiri. Benarkah jalan ini ke Surabaya dan benarkah berjarak 60 km…? andai ada sopir macam ini, apa komentar anda..? Sopir edan..? Polisi Lalu Lintas itulah mujtahid dan pengguna jalan itulah muqallid.

Tapi, dalam keimanan tidak diperkenankan Taqlid. Meskipun awalnya karena masih tahap belajar yang mesti digerojok dengan ilmu lebih dahulu, tapi tahap akhir harus murni pilihan sendiri, bukan ikut-ikutan guru atau orang tua.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video