Pj Wali Kota Kediri Dorong Sampah Sudah Terpilah di Tingkat Rumah Tangga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pj Wali Kota Kediri Dorong Sampah Sudah Terpilah di Tingkat Rumah Tangga

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 25 November 2023 16:18 WIB

Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memberi sambutan. (Ist).

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota , Zanariah, mengatakan bahwa sampah masih menjadi isu yang mendesak di Indonesia, terutama di Kota Tahu. Hal itu disampaikan Zanariah ketika memimpin aksi World Clean Up Day (WCUD) 2023 Kota di Hutan Kota Joyoboyo, Sabtu (25/11/2023).

“Timbunan sampah di Kota yang dibawa ke tempat pengolahan akhir (TPA) sebesar 130-140 ton per hari. Apabila kondisi ini dibiarkan tanpa adanya waste menegement yang tepat maka seluas apapun TPA-nya akan penuh dan tidak bisa menampung sampah lagi,” ujarnya dalam peringatan WCUD 2023 bersama komunitas peduli lingkungan, sekolah-sekolah, hingga paguyuban pedagang melakukan bersih-bersih di sekitar Hutan Kota Joyoboyo.

Zanariah menegaskan, masalah itu (sampah) tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja namun semua elemen harus terlibat untuk semakin bijak mengelola sampah. Pemkot telah mengeluarkan Perwali tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai, dan telah diterapkan di seluruh pusat perbelanjaan di Kota .

"Semua harus berangkat dari diri kita sendiri untuk bisa mengurangi penggunaan plastik. Saya berharap masyarakat membantu memulai dari rumah tangga dengan memilah. Langkah itu dapat membantu mengurangi permasalahan sampah," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video