Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Alat Short Wave Diathermy (SWD) untuk Atasi Nyeri Punggung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Alat Short Wave Diathermy (SWD) untuk Atasi Nyeri Punggung

Editor: Redaksi
Senin, 27 November 2023 22:08 WIB

Oleh: Mozaky Ramadhan*

BANGSAONLINE.com - Short wave diathermy () merupakan sebuah alat fisioterapi yang menghasilkan pemanasan mendalam melalui konversi energi elektromagnetik menjadi panas. sering digunakan oleh para lansia yang mengalami kekakuan sendi atau nyeri pada punggung bagian bawah.

Dalam short wave diathermy (), pola panas yang dihasilkan tergantung pada frekuensi yang digunakan. Yang umum digunakan dalam pekerjaan medis mempunyai frekuensi 27,12 MHz dengan panjang gelombang 11 meter.

Waktu pemakaian short wave diathermy () maksimal 20 menit dengan dosis maksimal yang dapat ditoleransi.

Short wave diathermy continue dan berdenyut telah digunakan selama beberapa waktu dalam pengobatan nyeri dalam sejumlah kondisi. Nyeri punggung bawah adalah masalah kesehatan umum yang menyebabkan morbiditas serius.

Penerapan short wave diathermy meningkatkan sirkulasi dalam jaringan tanpa meningkatkan suhu secara berlebihan, dan oleh karena itu diyakini sangat bermanfaat. (Karasel et al., 2021)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video