Wakili Gubernur Khofifah, Sekdaprov Jatim Temui Ribuan Buruh Bahas UMK 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wakili Gubernur Khofifah, Sekdaprov Jatim Temui Ribuan Buruh Bahas UMK 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 30 November 2023 21:38 WIB

Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, saat menemui para buruh. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, mewakili Gubernur menemui ribuan buruh, Kamis (30/11/2023) malam. Saat itu, ia didampingi Ketua SPSI Jatim, Fauzi, dan Ketua FSPMI Jatim, Jazuli.

Adhy menjelaskan, pertemuan ini merupakan proses yang panjang untuk mencapai kesepakatan dan keputusan gubernur terkait penetapan UMK 2024. Ia pun menyebut, Gubernur telah menerima seluruh perwakilan dari masing-masing pengurus organisasi pekerja buruh.

"Hari ini, perwakilan menyampaikan aspirasi. Kami menerima atas nama gubernur, seluruhnya telah menyampaikan aspirasinya dan kami sudah mendengar, memahami, memerhatikan," ujarnya.

"Pada prinsipnya, pertama dari hasil rapat dewan pengupahan. Tentu saja dari pihak pertama yaitu pengusaha menyampaikan aspirasi dan masukannya memang ada perbaikan kenaikan, tetapi paling tinggi maksimal yang ditetapkan di dalam PP 51 tahun 2023," imbuhnya.

Sementara itu, pihak buruh menyampaikan kondisinya dan mengajukan kenaikan sampai dengan 15 persen. Mereka pun menyatakan sudah meninjau usulan dari setiap bupati/wali kota, yang mana setuju UMK naik mendekati angka 6 persen, sama dengan UMP.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video