Sebelum Dimakamkan di TPU Keputih Surabaya, Jenazah KH Roziqi Disalatkan di Dua Masjid | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sebelum Dimakamkan di TPU Keputih Surabaya, Jenazah KH Roziqi Disalatkan di Dua Masjid

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Arianto
Sabtu, 02 Desember 2023 14:08 WIB

Gubernur Khofifah sempat memohon kesaksiannya atas almarhum Kiai Roziqi semasa hidup kepada para jemaah salat jenazah saat sambutan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur (Jatim). Ketua Baznas Jatim telah berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (1/11/2023) pukul 18.15 WIB. Almarhum dinyatakan meninggal dunia ketika sedang menjalani perawatan medis di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya.

Sebelum diberangkatkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih pada Sabtu (2/11/2023) pagi, jenazah terlebih dahulu disalatkan di dua masjid, yakni Masjid Al Hidayah Siwalankerto yang dekat dengan tempat tinggalnya, serta Masjid Al Akbar Surabaya.

Di masjid Al-Hidayah, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag didaulat untuk memberikan kata sambutan.

Dalam sambutannya, Prof. Ali menceritakan bahwa semasa hidup, Almarhum tidak suka memberikan ceramah, meskipun jabatannya Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jatim. Di , suka mendiskusikan soal perkembangan masjid serta zakat di Jatim.

"Jadi, kita sangat kehilangan tokoh besar ini. Beliau ini tidak senang ceramah, tidak seberapa seneng ceramah, meskipun sudah kita jadwalkan di sini (Masjid Al Hidayah). Kita mohon doa mudah-mudahan beliau ini min ahlil jannah (penghuni surga)," harapnya yang diamini jamaah.

Usai disalatkan, Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil Dardak lalu memberangkatkan jenazah menuju ke Masjid Al Akbar untuk disalatkan lagi di masjid besar kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini.

Sebelum memberangkatkan, Wagub Emil juga memberikan kata pengantarnya. Dalam kata pengantarnya, Wagub Emil mengatakan bahwa Jawa Timur telah kehilangan seorang tokoh yang selama hidupnya mendedikasikan dirinya untuk kemaslahatan umat.

"Hari ini, kita merasakan kesedihan dan kedukaan yang mendalam atas berpulangnya seorang tokoh di Jawa Timur ini yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kemaslahatan umat. Almarhum merupakan seseorang yang dekat dengan Gubernur (). Beliau sangat baik hati, rendah hati, serta memiliki dedikasi yang sangat mendalam," ucap Emil.

Tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya, jenazah disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa. Dalam sambutannya, Gubernur sempat memohon kesaksiannya atas almarhum semasa hidup kepada para jemaah salat jenazah hingga sebanyak tiga kali.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video