Transaksi Indonesia dan Korea Selatan Gunakan Mata Uang Lokal Tahun 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Transaksi Indonesia dan Korea Selatan Gunakan Mata Uang Lokal Tahun 2024

Editor: Annisa'a Ambarnis
Minggu, 10 Desember 2023 19:20 WIB

Transaksi Indonesia dan Korea Selatan Gunakan Mata Uang Lokal Tahun 2024. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemanfaatan mata uang lokal dalam transaksi keuangan dan ekonomi semakin diperluas oleh, salah satunya dengan Bank of Korea (BOK).

Perry Warjiyo selaku Gubernur BI mengatakan, pemanfaatan mata uang lokal dengan Korea Selatan ditargetkan dapat dilaksanakan pada tahun 2024. (BI) dan BOK sepakat untuk menyusun sebuah framework LCT sebagai langkah awal dalam suatu Operational Guidelines.

"Kami dengan bangga mengumumkan inisiatif bersama antara kedua bank sentral untuk mendorong melalui LCT framework yang diharapkan dapat diimplementasikan pada 2024," ujar Perry pada Minggu (10/12/2023).

Perry menjelaskan bahwa LCT akan memberikan fasilitas penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara di area perdagangan dan diharapkan dapat meminimalisasi eksposur riisko nilai tukar dan biaya bagi pelaku usaha dan pengguna lainnya.

Perbankan di Indonesia dan Korea dapat melakukan kuotasi nilai tukar secara langsung sehingga risiko nilai tukar dan biaya yang muncul dari transaksi tersebut dapat berkurang. Selain itu, dapat meningkatkan efisiensi yang diharapkan sehingga mampu mendorong transaksi perdagangan antara Indonesia dan Korea.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video