Penantian 48 Tahun, Gubernur Khofifah Resmikan Sambungan Listrik di Dusun Merak Situbondo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penantian 48 Tahun, Gubernur Khofifah Resmikan Sambungan Listrik di Dusun Merak Situbondo

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 17 Desember 2023 15:02 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberi sambutan ketika meresmikan sambungan listrik di Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Senyum warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, , akhirnya bisa merekah. Pasalnya, mimpi dan penantian warga untuk bisa menikmati aliran listrik sejak 1975 atau 48 tahun bisa terwujud.

Selama ini, warga Dusun Merak belum teraliri listrik. Mereka mengalami kendala tidak bisa mendapatkan listrik karena lokasinya sangat terpencil dan belum terdapat akses, serta jaringan listrik yang mengalir di sana.

Kondisi warga Dusun Merak ini didengar oleh Gubernur . Untuk itu, pihaknya getol berupaya keras bersama Pemkab dan juga untuk membangun instalasi listrik yang memungkinkan agar warga kampung Desa Merak bisa mengakses listrik.

Perjuangan tersebut pun nyatanya tidak mudah. Lokasi desa yang ada di pelosok membuat pembangunan instalasi listrik tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perizinan proyek yang rumit harus dilalui, juga pembangunan fisik jaringan listrik hingga sampai di lokasi Dusun Merak membuat cost proyek ini tidak murah.

Namun, semangat memberikan akses listrik yang menjadi kebutuhan dasar warga masyarakat membuat mantan Menteri Sosial itu tidak menyerah. Hingga akhirnya mimpi warga Dusun Merak bisa terwujud.

Sambungan listrik di Dusun Merak kini telah terpasang dan diresmikan langsung oleh Gubernur pada Sabtu (16/12/2023). Kini Desa Merak dipastikan bisa terpenuhi kebutuhan dasarnya terhadap akses listrik.

"Terima kasih ibu gubernur , yang peduli terhadap kami sehingga kami akhirnya bisa menikmati listrik. Kami sangat berterima kasih sekali karena dengan aliran listrik sekarang kami bisa menjalankan aktivitas dengan baik utamanya untuk proses belajar formal dan saat belajar mengaji di malam hari sudah bisa dilakukan dengan nyaman," kata salah satu warga Dusun Merak, Salam Dawafi.

Hal serupa disampaikan Suryani (82). Selama masa hidupnya, ia hanya memanfaatkan penerangan melalui gas dan pelita. Sehingga dengan adanya bantuan kali ini, rumahnya sekarang telah bersinar dengan cahaya lampu.

"Alhamdulillah, senang sekali. Rumah mbah sekarang sudah terang. Terimakasih untuk ibu gubernur, Bupati dan ," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video