Haul ke-14 Gus Dur, Inayah Wahid: Mengingat Kembali Etika Demokrasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Haul ke-14 Gus Dur, Inayah Wahid: Mengingat Kembali Etika Demokrasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Aan Amrulloh
Minggu, 17 Desember 2023 22:53 WIB

Inayah Wahid saat ziarah ke makam Gus Dur. Foto: AAN AMRULLOH/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Inayah Wulandari Wahid atau Inayah Wahid, berziarah ke makam sang ayah, KH Abdurrahman Wahid atau , di kompleks pemakaman Pondok Pesantren (Ponpes) , , Minggu (17/12/2023).

Kedatangan putri Presiden RI Ke 4, tersebut disambut pengasuh ponpes , KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Usai berziarah, Inayah beserta rombongan bergeser menuju Museum KH Hasyim Asyari (Minha), yang mana sedang terdapat acara peringatan haul ke-14 almarhum KH Abdurrahman Wahid atau .

Peringatan haul yang juga ditandai sebagai bulan tahun ini digelar pada 16-17 Desember 2023. Dengan mengambil tema "Meneladani Budaya Etika Demokrasi ". 

Acara digelar secara meriah, dengan kolaborasi pendidikan, seni, dan budaya. Hal itu untuk mengingat kembali perjuangan kebangsaan oleh dan KH Hasyim Asyari.

Inayah Wahid menyampaikan, jika apa yang pernah disampaikan almarhum Ayahnya ini relevan dengan kondisi saat ini.

"Relevan dengan hari ini, kalau kemarin di Jakarta juga diperingati haul, temanya mengingat kembali warisan etika demokrasi . Gu Dur sempat mebuat tulisan seolah-seolah demokrasi, seolah-olah konstitusional, taat hukum, seolah-olah kita bebas," ucapnya.

"Apa kemudian apakah ini betul? ini dipertanyakan pada tahun 90-an, hari ini relevan apakah betul demokrasi atau seolah-olah demokrasi," imbuh Inayah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video