Pemkab Sidoarjo Angkat Bicara soal Demo Pengelola TPS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Sidoarjo Angkat Bicara soal Demo Pengelola TPS

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mustain
Rabu, 20 Desember 2023 22:22 WIB

Petugas DLHK Sidoarjo saat membersihkan sampah pascademo di pendopo bupati. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pengangkut sampah menggelar demo di depan Pendopo Delta Wibawa, , Rabu (20/12/2023). Mereka protes dan menuntut Pemkab agar merevisi tarif layanan pengangkutan sampah (ritasi) di TPA Griya Mulya Jabon yang dinilai terlalu tinggi.

Dalam aksinya, massa aksi menumpahkan sampah dari gerobak yang dibawanya. Kepala TPA Griya Mulya Jabon, Hajid Arif Hidayat, menjelaskan bahwa tarif tersebut sudah mengalami penurunan dari tarif semula karena dalam Perbup 117 tahun 2022 tentang tarif pelayanan angkutan dan pemrosesan akhir di TPA Jabon, tarifnya sekitar Rp300 ribu per ton.

“Itu kalau dirata-rata, kemudian sekarang menjadi Rp100 ribu per ton,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (20/12/2023).

Ia mengatakan, kelayakan biaya penyelenggaraan angkutan dan pemrosesan akhir sudah dihitung oleh konsultan, sekitar Rp300 ribu per ton dan masyarakat hanya menanggung sepertiga dari tarif yang seharusnya. Sehingga, Pemkab sudah memberikan subsidi sebesar dua per tiga atau Rp200 ribu dalam satu ton sampah yang diangkut ke TPA. 

“Itu mereka masih keberatan dengan itu,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video