Kena Tipu Kuitansi Bodong, Dealer Motor di Probolinggo Kehilangan 2 Motor Baru | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kena Tipu Kuitansi Bodong, Dealer Motor di Probolinggo Kehilangan 2 Motor Baru

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Andi Sirajudin
Selasa, 26 Desember 2023 20:55 WIB

Kuitansi bodong.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Modus baru penipuan terjadi di Kota . Kali ini, korbannya adalah sebuah dealer motor .

Menariknya, ketiga pelaku adalah merupakan pelaku narapidana Narkotika yang saat ini masih menjalani masa penahanan karena masing-masing tersangka divonis 4 tahun dan 15 tahun penjara.

Dari pengamatan polisi, kasus penipuan ini terbilang unik dan baru pertama kali ditemukan di . Kasus ini merupakan kasus penipuan berskema segitiga yang baru saja diungkap Polisi atas laporan pengaduan korban.

Menurut Kasi Humas Polres Kota, Iptu Zainullah, kasus ini terungkap dari laporan korban ke pihaknya. Dari sana, polisi langsung melakukan penyelidikan. 

Otak perangkai skenario dari kasus penipuan itu adalah warga Madiun berisial SD atau TL (40). Dari sanalah, ide itu muncul untuk melakukan penipuan ke sebuah dealer motor di Kota .

"Pertama mereka melakukan sampling dealer motor secara acak melalui Googling di Google. Kemudian, tersangka TL menelpon bagian adminitrasi yang tercantum di Google yang sudah mereka lihat disana. Tersangka TL mengaku akan membeli sepeda motor ADV," kata Zainullah kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (26/12/2023).

Dari sana, usai mendapat tanggapan positif dari Admin tersebut. Tersangka TL langsung menyuruh tersangka lain yakni UD alias PN (28) warga Mojokerto untuk membuat bukti transfer bodong untuk dikirim ke admin dealer tersebut.

"Tersangka TL menyuruh UD untuk membuat bukti transfer palsu dengan menyuruhnya belajar dari youtube dengan menggunakan aplikasi edit text. Lalu, bukti transfer palsu itu dikirim ke admin dealer oleh tersangka TL beserta KTP palsunya. Sayangnya, admint dealer ini mudah percaya, tanpa mengecek uang yang masuk ke rekening kantornya," urai Zainullah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video