Pemkot Surabaya Pulangkan 43 PMKS ke Daerah Asal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Surabaya Pulangkan 43 PMKS ke Daerah Asal

Rabu, 22 Juli 2015 16:31 WIB

Wali Kota Risma saat berjalan memantau satu persatu mobil yang akan mengantarkan para PMKS pulang. (foto: hms)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Demi menjaga situasi yang kondusif pasca libur Lebaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali memulangkan sebanyak 43 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Bertempat di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Rabu (22/7), Ke-43 PMKS yang terdiri dari pria dan wanita, mayoritas berusia tua dan bahkan ada yang membawa balita, dipulangkan dengan mengendarai mobil dinas .

Para PMKS ini umumnya berasal dari daerah di Jawa Timur yang mengadu nasib di Kota Surabaya, namun tidak bisa kembali ke daerah asal dikarenakan kehabisan biaya. Sebagian besar dari mereka menjadi pengemis di tempat-tempat wisata, makam dan fasilitas umum lainnya di Kota Surabaya.

Dalam laporannya, Ketua Dinas Sosial, Supomo menyebutkan, Khusus bulan Ramadan, pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas dibantu jajaran Muspika Kota Surabaya, berhasil mengamankan 284 PMKS, yang terdiri dari 28 anak jalanan, 151 gelandangan dan pengemis, dan penderita psikotik (gangguan jiwa) sebanyak 51 orang yang dikirim ke Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

“Terhitung total penghuni Liponsos Keputih kini berjumlah 1465 orang, dan didominasi penghuni penderita psikotik. Karena keterbatasan para personel Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Dinas Sosial hanya bisa memulangkan sebanyak 43 PMKS ke daerah asalnya, yang sebagian besar berasal dari daerah di Jawa Timur,” imbuh Supomo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkot Surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video