Pesona Gunung Kelud, Mulai Danau Kawah hingga Jalan Misteri Mirip di Jeju Island Korea Selatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pesona Gunung Kelud, Mulai Danau Kawah hingga Jalan Misteri Mirip di Jeju Island Korea Selatan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 30 Desember 2023 23:44 WIB

Para wisatawan saat berada di bibir Danau Kawah Gunung Kelud. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada musim libur natal 2023 dan tahun baru 2024 yang kebetulan berbarengan dengan liburan anak sekolah, banyak didatangi wisatawan. Pengunjung berasal dari Kediri maupun dari luar kota. Bahkan tidak sedikit wisatawan mancanegara yang datang.

Pesona utama memang masih terpusat di danau kawah yang berada di ketinggian 1731 mdpl (meter di atas permukaan laut). Namun begitu, di sepanjang jalan menuju puncak, pemandangan alamnya tidak kalah mempesona dibandingkan dengan pemandangan di puncaknya.

Gunung yang lokasinya berada sekitar 45 km di sisi timur pusat Kota Kediri atau sekira 37 km dari Monumen SLG ini juga mempunyai sisi unik. Misalnya ruas jalan yang disebut mysterious road atau jalan misteri.

Dikatakan jalan misteri, karena di ruas jalan yang terletak di lereng ini kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 bisa berjalan sendiri meskipun dalam posisi gigi netral. Padahal jalan dalam posisi menanjak.

Jalan misteri yang ada di ini mirip dengan sebuah jalan di , Korea Selatan. Di mana di yang juga disebut mysterious road oleh penduduk setempat ini, mobil atau apa saja yang berada di atasnya bisa berjalan sendiri, meskipun dalam posisi gigi netral. Padahal jalanan dalam posisi menanjak.

Tentu, bagi wisatawan lokal yang belum bisa 'menjajal' mysterious road di Korea Selatan, cukup datang saja ke 'jalan misteri' yang ada di , Kabupaten Kediri.

Yang tidak kalah menarik dan menantang adalah ketika wisatawan harus berganti naik ojek agar bisa sampai di puncak. Dengan membayar Rp30-40 ribu/orang, wisatawan akan diantar sampai ke bibir danau kawah pergi-pulang.

Selama perjalanan yang jaraknya sekitar 5 km dari area parkir, para wisatawan akan diuji andrenalinnya. Dengan kecepatan yang cukup tinggi, si driver ojek akan membawa wisatawan menaiki dan menuruni jalan yang berkelok-kelok menuju kawah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video