KPPN Salurkan TKD untuk Kabupaten Sidoarjo Senilai Rp2,4 Triliun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KPPN Salurkan TKD untuk Kabupaten Sidoarjo Senilai Rp2,4 Triliun

Editor: Redaksi
Minggu, 31 Desember 2023 10:25 WIB

oleh: Anna Kusumaningsih (Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi )

Transfer ke Daerah () adalah dana yang bersumber dari APBN dan merupakan bagian dari belanja negara yang dialokasikan dan disalurkan kepada untuk dikelola oleh dalam rangka mendanai penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan .

sebagai salah satu sumber pendapatan ditujukan untuk mengurangi ketimpangan fiskal antara pusat dan (vertikal) dan ketimpangan fiskal antar- (horizontal).

Sekaligus mendorong kinerja dalam mewujudkan pemerataan pelayanan publik di seluruh .

Sejak tahun 2017, penyaluran sebagian dilaksanakan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara () di

Seiring dengan dinamika di lapangan, penyaluran yang dilakukan oleh di semakin berkembang hingga akhirnya pada tahun 2023 seluruh disalurkan melalui di meliputi Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Nonfisik, , Insentif Fiskal, Dana Otonomi Khusus dan Dana Keistimewaan, serta Hibah ke Daerah.

Penyaluran seluruh melalui bertujuan untuk mendekatkan pelayanan Kementerian Keuangan kepada Pemerintah Daerah melalui 173 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudian meningkatkan efisiensi koordinasi dan konsultasi antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Keuangan, dan juga untuk meningkatkan efektivitas monitoring dan evaluasi serta analisis kinerja pelaksanaan anggaran pusat dan .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video