5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendaki Gunung di Musim Hujan, Pemula Wajib Tahu! | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendaki Gunung di Musim Hujan, Pemula Wajib Tahu!

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Sulthon Neagara
Minggu, 07 Januari 2024 21:22 WIB

Ilustrasi mendaki gunung.

BANGSAONLINE.com - Sebagian orang menganggap musim hujan menjadi musim yang menyenangkan untuk melakukan pendakian. Namun, jika tidak berhati-hati, justru akan menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Pasalnya, risiko mendaki gunung di musim hujan lebih tinggi di banding musim kemarau. Hujan badai, rawan longsor, medan yang licin, petir, kabut, gerusan air hujan, akan menjadi tantangan tersendiri.

Tidak hanya memperhatikan kelengkapan peralatan, namun kecakapan dalam pendakian juga menjadi hal yang penting. Seperti cara packing tas carrier, memilih lokasi untuk mendirikan tenda, hingga cara mendirikan tenda yang benar agar tidak ngerembes.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang penting untuk diperhatikan demi keselamatan. Berikut kami ulas cara aman mendaki di musim hujan:

1. Persiapan Mental dan Fisik

Mental dan fisik menduduki urutan pertama dalam pendakian gunung di musim hujan. Mengapa demikian? Saat mendaki di musim hujan, kondisi awan yang gelap, disertai dengan hujan badai petir dapat mempengaruhi mental pendaki.

Kondisi fisik yang kurang baik juga mengakibatkan pendaki mudah terserang demam, batuk, dan flu. Maka, lakukanlah latihan fisik beberapa hari sebelum pendakian, seperti jogging setiap pagi, bersepeda, push up secukupnya, pull up secukupnya. Mental akan ikut terbangun di dalam tubuh yang sehat.

2. Packing Carrier yang Tepat

Tas carrier adalah alat untuk membawa semua keperluan kita saat mendaki gunung. Logistik, baju ganti, P3K, juga barang penting lainnya berada di dalam tas carrier. Walaupun sudah mengenakan jas hujan, jika packing tidak tepat, air hujan dapat merembas masuk ke dalam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video