16 Nama Tol di Jawa Barat, Ada Tol Terowongan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

16 Nama Tol di Jawa Barat, Ada Tol Terowongan

Editor: Arief
Selasa, 09 Januari 2024 06:00 WIB

Ilustrasi.

BANDUNG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah terus melaksanakan pembangunan di Jawa Barat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kehadiran diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka berbagai peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (@kemenpupr), terdapat 16 ruas tol di Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan-sebutan unik.

Asal-usul sebutan ini berasal dari singkatan yang diambil dari nama-nama daerah yang dilalui oleh ruas tol tersebut.

Nama Jalan Tol di Jawa Barat

Berikut adalah sejumlah daftar nama di Jawa Barat dan informasi singkat yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Tol Jagorawi

Jalur Tol Jagorawi, yang merupakan kependekan dari Jakarta – Bogor – Ciawi, merupakan pionir dan tertua di Indonesia yang mulai dioperasikan oleh Jasa Marga pada tahun 1978.

Dengan panjang total 59 km, Tol Jagorawi menyatukan kawasan Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, dan Ciawi.

Pada masa sekarang, Tol Jagorawi telah terhubung dengan sejumlah Jalan Tol lainnya, termasuk Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung, Jalan Tol Cinere - Jagorawi, dan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi.

2. Jalan Tol Cipali

Jalan Tol Cipali, yang disingkat dari Cikopo – Palimanan, adalah yang menghubungkan daerah Cikopo di Purwakarta dengan Palimanan di Cirebon.

Jalan Tol Cipali, dengan panjang total 116 km, dapat memotong rute perjalanan dari Cikampek ke Palimanan sejauh 40 km jika dibandingkan dengan melewati jalur Pantura.

Jalan Tol Cipularang, yang disingkat dari Cikampek – Purwakarta – Padalarang, adalah yang menghubungkan daerah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

3. Jalan Tol Cipularang

Jalan Tol Cipularang, yang memiliki panjang total 54 km, memiliki segmen tol yang memerlukan kewaspadaan pengendara, terutama pada kilometer 90 hingga kilometer 100, karena terdapat daerah rawan kecelakaan akibat kontur jalan yang berkelok dan menurun.

4. Jalan Tol Purbaleunyi

Jalan Tol Purbaleunyi, yang disingkat dari Purwakarta – Bandung – Padaleunyi, adalah yang menghubungkan daerah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Jalan Tol Purbaleunyi membentang sejauh hampir 123 km dan menawarkan pengalaman perjalanan yang memukau, khususnya pada segmen Cikampek – Padalarang yang menampilkan pemandangan alam yang cantik.

5. Jalan Tol Padaleunyi

Jalan Tol Padaleunyi, yang disingkat dari Padalarang – Cileunyi, adalah yang menghubungkan daerah Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Jalan Tol Padaleunyi, dengan panjang total 33 km, merupakan bagian integral dari Jalan Tol Purbaleunyi.

6. Jalan Tol Japek

Jalan Tol Japek, yang disingkat dari Jakarta – Cikampek, adalah yang menghubungkan daerah Kota Jakarta Timur, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Jalan tol ini berpotongan dengan Jalan Layang Mohamed bin Zayed (MBZ) pada segmen Cikunir–Karawang Barat.

Jalan Tol Japek, dengan panjang total hampir 83 km, sebelumnya termasuk dalam proyek pembangunan "Kota Mandiri Jonggol" yang tidak berhasil karena terpengaruh oleh krisis moneter pada tahun 1997-1998.

7. Jalan Tol Bocimi

Jalan Tol Bocimi, disingkat dari Bogor – Ciawi – Sukabumi Cikampek, adalah yang menghubungkan daerah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

Jalan Tol Bocimi, dengan panjang total 54 km, dibangun dengan tujuan mengatasi masalah kemacetan yang sering terjadi saat ada perjalanan menuju ke arah Sukabumi.

Pembangunan ini merupakan bagian dari serangkaian Proyek Strategis Nasional yang telah diumumkan oleh Pemerintah, dengan target penyelesaian pada tahun 2024.

8. Jalan Tol Becakayu

Jalan Tol Becakayu, yang disingkat dari Bekasi – Cawang – Kampung Melayu, adalah yang menghubungkan daerah Kalimalang di Jakarta Timur, Kota Bekasi, hingga Kabupaten Bekasi.

Jalan Tol Becakayu, dengan panjang total 16,78 km, dimulai pembangunannya pada tahun 1996 dan secara resmi dioperasikan sepenuhnya pada tanggal 1 April 2023.

9. Jalan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cisumdawu, yang disingkat dari Cileunyi – Sumedang – Dawuan, adalah yang menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Jalan Tol Cisumdawu, dengan panjang total 61,6 km, secara resmi diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 11 Juli 2023.

Salah satu ciri khas Tol Cisumdawu adalah adanya terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter, yang merupakan terowongan pertama di dan yang terpanjang di Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video