Perlukah Menggunakan Gaiters saat Mendaki Gunung? Simak Informasi Berikut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perlukah Menggunakan Gaiters saat Mendaki Gunung? Simak Informasi Berikut

Editor: M. Sulthon Neagara
Wartawan: mohamm
Sabtu, 13 Januari 2024 22:41 WIB

Ilustrasi. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bagi yang suka mendaki, pasti sering mendengar kata gaiters, namun akan terdengar asing bagi orang awam. Gaiters adalah alat pelindung kaki yang kenakan di bagian sepatu hingga betis, biasa digunakan pendaki saat melakukan pendakian di atau saat beraktivitas di luar ruangan.

Ada beberapa jenis gaiters, mulai dari pendek, sedang hingga panjang/super gaiters. Gaiters pendek biasanya berukuran 12 hingga 15cm, gaiters berukuran sedang memiliki panjang dibawah lutut, sedangkan untuk gaiters berukuran panjang atau biasa disebut super gaiters mempunyai ukuran yang sama dengan gaiters ukuran sedang, namun bedanya gaiters panjang menutupi sebagian dari sepatu.

Gaiters biasa digunakan pendaki di luar negeri saat mendaki bersalju. Pertanyaannya, perlukah mengenakan gaiters saat mendaki di Indonesia? Berikut kami ulas fungsi dari gaiters:

1. Melindungi kaki

Saat melakukan pendakian, gaiters mampu melindungi kaki dari gigitan pacet dan lintah, menjaga agar kulit tidak tergores tumbuhan yang berduri, juga di beberapa ada tumbuhan yang membuat gatal jika tersentuh daunnya, contoh seperti daun jancukan yang banyak dijumpai di Argopuro, gaiters sebagai pelindung agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan daun tersebut.

2. Melindungi Sepatu dari Benda Asing

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video