Mendes Marwan Janjikan Dana Desa Sebesar Rp 1,4 Milyar Cair 2016 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mendes Marwan Janjikan Dana Desa Sebesar Rp 1,4 Milyar Cair 2016

Senin, 27 Juli 2015 11:56 WIB

Menteri Desa Marwan Ja'far saat berdialog dengan kepala desa di Tuban. (foto: suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT dan T), Marwan Jafar, Minggu (26/7) kemarin berjumpa dan berdialog dengan seluruh kepala desa dan pejabat Kabupaten Tuban di pendopo Joglo, Desa Lajulor, Kecamatan Singgahan, Tuban, Minggu (26/7).

Pada pertemuan tersebut, Marwan berjanji kepada kepala desa bahwa dana sebesar 1,4 milyar untuk setiap desa bisa dicairkan secara penuh pada awal 2016. “Agar dana desa itu cair yang pasti harus menyiapkan semua persyaratan termasuk RPJMDes, RKPdes dan APBes,” terang Marwan ketika ditemui BANGSAONLINE.com seusai berdialog.

Namun, Marwan berpesan agar dana tersebut dioptimalkan untuk membangun desa sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, bila perlu diperuntukkan membuat badan usaha milik desa (BUMDes) agar ekonomi kerakyatan bisa digerakkan yang pro dengan masyarakat. “Kalau Tuban sudah merespon imbauan dari kementerian, ini tinggal nunggu implementasinya,” ujar Marwan.

Politisi asala PKB ini menyampaikan jika penggunaan dana desa tidak serta merta dapat digunakan semaunya. Akan tetapi harus melalui aturan main yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga, untuk mengimplementasi dana tersebut, Kemendes sudah menyiapkan tim yang namanya anggota eks PNPM guna membantu membuat pelaporan maupun kegunaan dana tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   alokasi dana desa

Berita Terkait

Bangsaonline Video