Buya Syakur, Kiai Hebat dan Pemikir Kontroversial yang Kecendekiaannya Diakui Gus Dur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buya Syakur, Kiai Hebat dan Pemikir Kontroversial yang Kecendekiaannya Diakui Gus Dur

Editor: MMA
Jumat, 19 Januari 2024 08:35 WIB

Dahlan Iskan

INDRAMAYU, BANGSAONLINE.com Buya Syakur - lengkapnya Prof. Dr. K. H. Abdul Syakur Yasin, MA, dikenal sebagai kiai hebat sekaligus yang sangat progresif. KH Abdurrahman Wahid () – ketua umum PBNU tiga priode sekaligus Presiden RI ke-4 -bahkan mengakui kehebatan dan kualitas pemikiran Buya Syakur.

Berjibunnya literatur yang beliau baca membuat pemikiran Sang Buya melintasi dunia. Buya Syakur bahkan memprediksi bahwa bisa saja suatu saat Allah SWT menciptakan manusia lagi pasca planet bumi dilanda kiamat.

Lalu bagaimana latar belakang dan pendidikan Sang Buya? Simak tulisan wartawan kawakan Dahlan Iskan di BANGSAONLINE, Jumat (19/01/2024) pagi ini. Selamat membaca:

MATI satu belum tumbuh yang baru. Yang akan meninggal itu sendiri terlihat sangat gelisah: “siapa yang akan meneruskan semua ini kalau saya meninggal dunia,”

Dua minggu kemudian ia meninggal dunia beneran. Di RS Mitra Plumbon, Cirebon. Rabu dini hari lalu. Di usia 75 tahun. Ia adalah kiai besar. Sastrawan. Lulusan Mesir, Tunisia, Libya dan London. Anda sudah tahu: beliau adalah Buya Syakur. Dari Indramayu.

Anak pertamanya baru lulus fakultas kedokteran. Masih koas. Anak satunya lagi masih di Madrasah Aliyah –setingkat SMA di Tasikmalaya.

Buya memang menikah lagi belakangan. Istrinya yang sekarang, kini berusia 55 tahun. Buya Syakur dikenal luas karena pemikirannya yang rasional. Banyak sekali pendapatnya yang kontroversial.

Seandainya tidak ada YouTube Buya Syakur hanya akan dikenal oleh kalangan terbatas. Padahal ia diakui sebagai kiai hebat pun oleh tokoh sekelas . “Di Indonesia hanya ada tiga orang yang bisa disebut cendekiawan muslim,” ujar suatu saat. Mereka itu adalah Nurcholish Madjid, Quraish Shihab, dan Buya Syakur. Tentu harusnya ada empat: sendiri yang nomor satu.

Dengan YouTube kini nama Buya Syakur sering viral. Yang bukan orang Islam pun sering mengikuti videonya. Ia memang seorang pluralis. “Jangan mimpi akan ada persatuan pun dalam Islam sendiri. Terimalah perbedaan,” katanya di salah satu videonya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video