Awal 2024, Pemprov Jatim Gelar Pasar Murah di Lamongan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Awal 2024, Pemprov Jatim Gelar Pasar Murah di Lamongan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 23 Januari 2024 15:00 WIB

Gubernur Khofifah saat menyapa masyarakat di Pintu Air Kuro, Kecamatan Karangbinangun, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur memulai gelaran pasar murah perdana pada tahun ini di Pintu Air Kuro, Kecamatan Karangbinangun, , Senin (22/1/2024).

Agenda yang digelar Pemprov Jatim melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan itu bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, serta menjaga kestabilan harga dan pasokan bahan pokok di Bumi Majapahit.

"Ini ikhtiar kami melalui salah satu program yang diharapkan bisa menjadi bantalan ekonomi bagi masyarakat. Tujuannya jelas agar mereka mampu mendapatkan bapok dengan harga yang terjangkau di tengah kondisi apapun," kata .

Gelaran ini juga menjadi bagian dari upaya Pemprov Jatim untuk melakukan monitoring dan pengendalian terhadap harga bahan pokok di masyarakat. Hal itu karena kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) secara year on year (y-o-y) pada Desember 2023 sebagaimana dicatatkan BPS, angka yang sebelumnya 114,25 pada Desember 2022 menjadi 117,59 di Desember 2023.

"Jadi kami sering sidak dan menggelar pemantauan langsung di berbagai pasar di Jawa Timur untuk mendorong agar harga terjaga. Selain itu kami juga memastikan ketersediaannya mencukupi," urai .

Adapun harga bahan pokok yang dijual di pasar murah Kabupaten di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) di antaranya, beras medium sebanyak 10 ton dijual dengan harga Rp10.200,00. per kg. Disediakan juga Minyakita sebanyak 1.200 liter dengan harga Rp13 ribu per liter, kemudian gula pasir sebanyak 250 kg yang dibanderol dengan harga Rp14 ribu per kg.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video