Tiap Tahun Ada 1-3 Penderita Kusta Baru di Kota Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tiap Tahun Ada 1-3 Penderita Kusta Baru di Kota Batu

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Minggu, 28 Januari 2024 20:52 WIB

Ilustrasi penyakit kusta.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Meskipun bukan merupakan daerah endemis kusta, tetapi setiap tahun masih ditemukan 1-3 orang penderita kusta baru.

Angka kunjungan yang tinggi serta pengiriman produk pertanian ke luar (interaksi penduduk dengan warga berbagai kota) menjadi potensi masih munculnya penyakit ini.

" merupakan penyakit menular yang tidak mudah menular. Meskipun demikian, Dinas tetap berusaha melakukan upaya deteksi melalui kerja sama penemuan kasus dengan dokter spesialis kulit di semua rumah sakit di serta pemberian edukasi cardinal sign kusta kepada masyarakat," ujar dr. Suzana Indahwati, Kabid Pencegahan Penularan Penyakit dan Penanggulangan Bencana Dinkes .

Dijelaskan Suzana, puskesmas di mampu melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk diagnosa kusta didampingi dinas kesehatan. Pengobatan kusta pun gratis di seluruh puskesmas se-.

Untuk memperingati Hari Sedunia (World Leprosy) setiap hari Minggu terakhir bulan Januari, Suzanna mengingatkan akan bahaya penyakit tersebut.

Ia menjelaskan, penyakit kusta merupakan golongan penyakit infeksi bakteri kronis yang menyerang jaringan kulit, saraf tepi, dan saluran pernapasan. umumnya dapat ditangani dan jarang menyebabkan kematian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video