Kota Kediri Sukses Pertahankan Predikat Kota Paling Toleran 4 Tahun Berturut-turut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kota Kediri Sukses Pertahankan Predikat Kota Paling Toleran 4 Tahun Berturut-turut

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 30 Januari 2024 20:55 WIB

Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat menerima penghargaan dari Brigjen Pol Edi Murbowo. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kota sukses mempertahankan kedudukannya menjadi 10 besar Kota Paling Toleran di Indonesia menurut SETARA Institute berdasarkan penilaian Indeks Kota Toleran (IKT) 2023, Selasa (30/1/2024). Setelah sebelumnya di peringkat 5, Kota kini ada di peringkat 7 se-Indonesia.

Walaupun turun, perolehan nilainya naik dari 5,850 menjadi 6,073 dan menunjukkan bahwa Kota terus berkomitmen dalam menjaga dan menjunjung tinggi toleransi. Penghargaan diberikan dalam acara Peluncuran Indeks Kota Toleran 2023 di Jakarta. 

Pj Wali Kota , Zanariah, yang hadir dan menerima langsung penghargaan dari Brigjen Pol Edi Murbowo, bersyukur karena Kota berhasil mempertahankan predikat Kota Paling Toleran 4 tahun berturut-turut. Menurut dia, Kota sebagai Kota Paling Toleran ini harus terus dijaga bersama-sama semua pihak.

“Terima kasih kepada Setara Institute. Penghargaan ini bisa didapat bukan karena kerja saya sendiri atau karena sebagai penjabat wali kota, tugas kami mempertahankan dan memperbaiki. Ini kerja tim dari seluruh stakeholder di Kota ,” ucapnya.

Ke depan, ia juga akan melihat apa saja yang masih dapat ditingkatkan untuk menjaga toleransi di Kota . Menurut dia, Kota serius dalam menangani isu ini karena Kota punya potensi untuk meraih indeks Kota Toleran lebih tinggi. 

Pemkot bakal menjadikan hasil evaluasi dari Setara Institute sebagai bahan perbaikan. Objek kajian Indeks Kota Toleran adalah 94 kota di Indonesia, penilaiannya mengacu pada 4 variabel dengan 8 indikator di dalamnya. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video