5 Peralatan yang Wajib Dimiliki Pendaki Gunung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

6 Peralatan yang Wajib Dimiliki Pendaki Gunung

Editor: M. Sulthon Neagara
Jumat, 02 Februari 2024 01:22 WIB

BANGSAONLINE.com - Mendaki gunung merupakan hobi yang tergolong ekstrem sehingga perlu berhati-hati dalam melakukannya. Selain itu, peralatan gunung juga sangat banyak dan tidak murah.

Maraknya tempat persewaan peralatan mendaki juga menjadi penanda bahwa peralatan gunung cukup mahal.

Bagi kalian yang masih awam dan ingin memulai pendakian, jangan khawatir, kami akan memberikan daftar barang yang seharusnya dimiliki terlebih dahulu.

Mengingat peralatan gunung tidak murah, namun demi keselamatan, 6 alat ini harus kalian miliki lebih dahulu.

1. Headlamp atau senter

Headlamp atau senter menjadi penyelamat saat malam hari, mengingat medan gunung yang naik turun, berliku, berlubang, dan terkadang ada akar pohon yang tumbuh di jalur pendakian.

Hal ini masih diperparah dengan musim hujan yang menyebabkan jalan menjadi licin. Selain itu, headlamp atau senter berguna untuk penerangan tenda saat beristirahat.

Terkait pemilihan antara headlamp atau senter, kedua benda ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Headlamp biasanya memiliki lampu berwarna putih, namun para pendaki tidak perlu repot memegangnya.

Sedangkan senter biasanya memiliki cahaya berwarna kuning yang mampu menembus kabut, namun minusnya pendaki harus memegangnya selama perjalanan.

2. Jaket gunung

Cuaca di gunung sangat tidak menentu. Bahkan, terkadang suhunya bisa sampai minus, seperti di Gunung Semeru dan Gunung Prau. Maka, kami sangat menyarankan untuk mengenakan jaket khusus untuk hiking.

Sebab, jaket hiking memiliki fitur wind proof dan water proof yang sangat cocok untuk kondisi cuaca di gunung. Selain itu, di bagian dalam terdapat bahan polar yang mampu menghangatkan tubuh. So, jaket menjadi salah satu peralatan utama yang harus kalian miliki.

3. Matras

Mungkin tampak sepele, sehingga sebagian pendaki mengabaikan benda ini. Matras bukan hanya berguna sebagai alas saat kita bersantai di depan tenda, namun benda ini sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita selama di gunung.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video