Civitas Academica Unej Gelar Deklarasi demi Selamatkan Demokrasi di Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Civitas Academica Unej Gelar Deklarasi demi Selamatkan Demokrasi di Indonesia

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Yudi Indrawan
Senin, 05 Februari 2024 16:15 WIB

Dosen dan ratusan mahasiswa Universitas Jember saat deklarasi sikap untuk demokrasi di Indonesia.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dosen dan ratusan mahasiswa Universitas (Unej) yang tergabung dalam forum Civitas Academica Unej mendeklarasikan sikap untuk menyelamatkan demokrasi di Indonesia, Senin (5/2/2024). Menurut mereka, demokrasi saat ini dinilai sudah tidak beretika karena hanya untuk menguntungkan kelompok-kelompok tertentu.

Aksi damai yang dilakukan di halam kampus Unej, Kecamatan Sumbersari, , itu dihadiri oleh beberapa dosen dan juga ratusan mahasiswa. Deklarasi langsung dibacakan oleh Dominikus Rato, guru besar Fakultas Hukum Unej.

"Kami menuntun seluruh cabang kekuasaan negara, baik eksekutif, yudikatif serta legislatif, agar senantiasa tetap berpedoman pada TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa dan menjalankan nilai Pancasila," paparnya.

Ia menjelaskan, sikap dan aksi ini bukan hanya untuk beberapa kelompak saja, namun semua pihak terutama pihak-pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi di tahun 2024 ini.

"Semua terutama KPU, Bawaslu, dan Pemerintah itu sendiri untuk tetap menjaga netralitas," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video