Lapas Surabaya Gelar Simulasi Pemilu untuk Petugas KPPS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lapas Surabaya Gelar Simulasi Pemilu untuk Petugas KPPS

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Selasa, 06 Februari 2024 22:08 WIB

Simulasi pemilu di Lapas Surabaya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com tengah berupaya untuk mempersiapkan pesta demokrasi, khususnya saat proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus, lapas.

"Kami telah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi Pemilu 2024 di Lapas Kelas I ," kata Kepala , Heni Yuwono, Selasa (6/2/2024).

Ia menyebut, Lapas I menjadi salah satu barometer pelaksanaan karena memiliki TPS khusus yang relatif banyak. Selain itu, tingkat kerawanan juga relatif tinggi.

"Ada 6 TPS Khusus di Lapas I dan secara profiling, warga binaannya juga termasuk yang medium dan high risk," tuturnya.

Untuk itu, sebanyak 42 petugas KPPS beserta pengawas Lapas Kelas I mengikuti kegiatan bimtek dan simulasi tersebut. Agenda tersebut diselenggarakan oleh sebagai langkah mempersiapkan hal-hal baru dalam pelaksanaan pemungutan, dan penghitungan suara.

"Yakni penyederhanaan formulir dan pengaturan norma yang baru seperti persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP)," urai Kalapas I , Jayanta.

Selain itu, ia mengungkapkan simulasi ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada petugas KPPS dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama proses pemungutan suara.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ketangguhan dan kesiapan petugas dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul saat Pemilu 2024,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video