Khofifah Targetkan Pembangunan Hunian Relokasi Korban Banjir Bandang Banyuwangi Selesai 3 Bulan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Khofifah Targetkan Pembangunan Hunian Relokasi Korban Banjir Bandang Banyuwangi Selesai 3 Bulan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 11 Februari 2024 22:05 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gubernur melaunching pembangunan hunian relokasi untuk korban terdampak banjir bandang di Desa Kalibaru, , Minggu (11/2/2024). Kegiatan ditandai dengan penekanan tombol virtual oleh gubernur yang didampingi Bupati , Ipuk Fiestiandani, dan Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Gatot Subroto.

menargetkan, pembangunan hunian yang berada di lahan milik PTPN 1 Regional V ini akan selesai dalam kurun waktu 3 bulan. Nantinya, ada sebanyak 66 KK terdampak banjir bandang pada November 2022 yang mendapatkan hunian di lahan 1,17 hektare.

"Target pembangunan selesai tiga bulan, ada sebanyak 66 hunian yang dibangun," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, gubernur menyampaikan, proses relokasi sebelum peluncuran pembangunan sempat mengalami sejumlah tantangan. Namun dapat diselesaikan dengan baik berkat sinergi dan komunikasi dengan masyarakat maupun pemilik lahan, PTPN.

"Proses relokasi ini paling lama dibanding yang lainnya seperti yang di Bondowoso, Lumajang, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, dan Blitar. Selain itu, ini pertama kalinya relokasi nyambung kampung,” katanya.

menambahkan, karena lokasi yang dipakai merupakan lahan milik PTPN, diperlukan waktu untuk mengurus segala proses administratif pelimpahan lahan. Bak gayung bersambut, PTPN pun berkenan membantu prosesnya.

“Saya minta untuk dikomunikasikan kembali kepada PTPN karena memang ada proses pelepasan hak dari PTPN kepada masyarakat itu butuh prosedur administratif dari PTPN kemudian ke Pemprov kemudian ke warga,” papanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video