Pembibitan Anggrek Berlahan Kecil di Kota Batu ini Beromzet Jutaan Rupiah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembibitan Anggrek Berlahan Kecil di Kota Batu ini Beromzet Jutaan Rupiah

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Adi Wiyono
Selasa, 20 Februari 2024 19:15 WIB

Pemilik Hasanudin Orchids Nursery, Mastur. Foto: ADI WIYONO/BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pembibitan anggrek di Desa Junrejo, Kota , telah menjadi fenomena yang menarik minat masyarakat setempat. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah petani anggrek di sana terus bertambah, lebih dari 10 orang pengusaha anggrek di Dusun Jeding saja yang kini mengembangkan budidaya pembibitan anggrek. 

Mereka menyadari bahwa meskipun lahan yang mereka miliki terbatas, potensi omzet yang bisa dihasilkan mencapai jutaan rupiah. Pemilik Hasanudin Orchids Nursery and Laboratory, Mastur, menyatakan nilai budidaya pembibitan anggrek ini mencapai jutaan rupiah meski dilakukan dalam lahan yang terbatas.

"Kami telah mengembangkan pembibitan anggrek ini sejak 10 tahun lalu. Alhamdulillah, usaha ini berkembang dengan baik dan memberikan sumbangan besar bagi perekonomian lokal. Banyak warga sekitar yang turut terinspirasi dan ikut serta dalam budidaya anggrek ini," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (20/2/2023).

Ia mengaku memiliki lahan seluas 200 meter persegi untuk pembibitan anggrek, dan pada tahun lalu kapasitas produksi mencapai Rp2,5 miliar.

"Dengan lahan sebesar 200 meter persegi, kami dapat menampung hingga 50 ribu botol. Jika setiap botol anggrek dihargai Rp 50 ribu, maka potensi omzet yang bisa dihasilkan sangatlah besar," paparnya

Peningkatan minat terhadap pembibitan anggrek di Desa Junrejo tidak hanya berdampak ekonomi, tetapi juga memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat. Banyak warga yang kini dapat bekerja di sektor ini setiap hari, memberikan kontribusi positif terhadap pengentasan pengangguran dan peningkatan taraf hidup.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video