Wisuda UPN Veteran, Adhy: Perguruan Tinggi Berperan Penting sebagai Intellectual Capital SDM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wisuda UPN Veteran, Adhy: Perguruan Tinggi Berperan Penting sebagai Intellectual Capital SDM

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Sabtu, 24 Februari 2024 14:00 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penting bagi perguruan tinggi untuk menjadi intellectual capital bangsa dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang lebih berkualitas.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur saat menghadiri wisuda sarjana ke-90, pasca sarjana ke-52, dan doktor ke-1 () Veteran Jawa Timur, di Gedung Giri Loka kampus setempat, Sabtu (24/2) pagi.

"Diharapkan perguruan tinggi menjadi institusi pendidikan yang mengajarkan daya juang. Bahkan bisa membangun watak pembelajar, yang selalu belajar tanpa menunggu digurui, yang selalu berinovasi tanpa menunggu diajari," ucap Adhy di hadapan 733 wisudawan dan wisudawati.

Peran perguruan tinggi dalam membangun SDM dapat dilihat dari peringkat Indonesia dalam Indeks daya saing global tahun 2023 yang mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2023 Indonesia berhasil menempati peringkat 34, naik 10 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di peringkat 44.

"Indeks inovasi global kita dalam laporan yang dirilis World Intellectual Property Organization (), menempati peringkat 61 dari 132 negara, dengan total skor 30,3. Posisi itu berhasil naik 14 peringkat dari peringkat 75 di tahun 2022," tuturnya.

Sedangkan, indeks daya saing talenta global (global talent competitiveness index) pada tahun 2023, Indonesia masih berada di peringkat ke-80 dari 134 negara, di mana Singapore berada di peringkat ke-2, Malaysia di peringkat ke-42, dan Thailand ke-79.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video