Raih 20.43%, Suara PKB Terbesar di Jatim, PDIP Turun Posisi ke-3, Inilah Suara 9 Parpol | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Raih 20.43%, Suara PKB Terbesar di Jatim, PDIP Turun Posisi ke-3, Inilah Suara 9 Parpol

Editor: MMA
Minggu, 25 Februari 2024 15:13 WIB

Foto Data KPU RI.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Peroleharan suara Partai Kebangkitan Bangsa () terbesar di Jawa Timur. Ketika berita ini ditulis pukul 14.03 WIB, Ahad, 25 Februari 2024, hasil real count yang diupdate di laman KPU RI, meraih 2.534.588 suara atau 20.43% untuk sementara. 

Saat berita ini ditulis, update di laman KPU RI suara masuk sudah mencapai 72.31%. 

Yang mengejutkan, suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () justru tergeser oleh suara Partai Partai Gerakan Indonesia Raya ().

Memang selisihnya tak besar. Artinya, masih potensial berubah dan saling menyalip. Tapi jika terlempar ke posisi ke-3, ini akan jadi sejarah baru peta politik di Jawa Timur.

Selama ini selalu jawara di Jawa Timur. Ini fenomena politik menarik. Sebab, Jawa Timur populer sebagai basis nahdliyin. Faktanya, kursi-kursi strategis seperti kursi kepala daerah, wakil kepada daerah, dan kursi DPRD banyak diduduki kader .

Pada pemilu 2019, menjadi partai peraih suara terbesar kedua setelah di Jawa Timur. Tapi dari segi perolehan kursi DPRD Provinsi Jatim,   lebih banyak lantaran sebaran suaranya lebih merata. Karena itu Ketua DPRD Jawa Timur diduduki kader , Kusnadi. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video