Hari Raya Galungan dan Kuningan, Pj Gubernur Jatim Ajak Umat Hindu Raih Kemenangan Dharma | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hari Raya Galungan dan Kuningan, Pj Gubernur Jatim Ajak Umat Hindu Raih Kemenangan Dharma

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 28 Februari 2024 13:42 WIB

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono (dok. Ist)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Adhy Karyono mengajak masyarakat Hindu untuk memetik hikmah dalam peringatan Hari Raya yang jatuh pada Rabu (28/2/2024) dan Hari Raya pada Sabtu (9/3/2024).

Dalam perayaan Hari Raya , Adhy menyampaikan, hari itu merupakan momen terbaik Umat Hindu merayakan kemenangan dharma dengan mengendalikan diri, menahan hawa nafsu serta menumbuhkan kesucian dalam hati.

“Perayaan Hari Raya mengajarkan manusia untuk mengendalikan nafsu, terutama nafsu buruk. Yang mana nafsu buruk nantinya dapat mengganggu ketenteraman hidup,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (28/2/2024).

Secara harfiah, sendiri berasal dari kata 'galung' yang memiliki arti menang dan 'ngegalung' yang artinya merayakan kemenangan. Bisa dimaknai pula merupakan hari kemenangan.

Hari kemenangan yang diperingati setiap 210 hari sekali tersebut memiliki makna sebagai hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan).

Pj. Gubernur Adhy pun berharap yang merayakan Hari Raya tidak lagi berperang melawan orang lain untuk meraih kemenangan dharma. Sebab yang utama adalah berperang dengan diri sendiri dan mengendalikannya. Jika berhasil memerangi sifat buruk dalam diri, maka pasti dharma dan kedamaian akan terwujud.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video