Jokowi Batal Intervensi Pilkada 2024! MK Tolak Jadwal Diubah, 2 Mahasiswa UI Selamatkan Demokrasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jokowi Batal Intervensi Pilkada 2024! MK Tolak Jadwal Diubah, 2 Mahasiswa UI Selamatkan Demokrasi

Editor: MMA
Sabtu, 02 Maret 2024 16:26 WIB

Inilah dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang telah ikut menyelamatkan demokrasi. Ahmad Alfarizy dan Nur Fauzi Ramadhan pemohon prinsipal saat mengikuti sidang pengucapan putusan uji materiil Undang-Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah, Kamis (29/02) di Ruang Sidang MK. Foto Humas MK

JAKARTA, BANGSAONLINE.com () tak bisa lagi intervensi atau cawe-cawe politik pada pilkada 2024. Sebab, () melarang diubah.

memutuskan bahwa pelaksanaan pilkada seluruh Indonesia tetap dilaksanakan pada 27 November 2024, bukan September 2024 seperti keinginan Presiden .

Sekadar inofrmasi, Presiden sempat mengajukan rancangan undang-undang (RUU) agar pilkada 2024 dimajukan pada bulan September. Pada September itu masih menjabat sebagai presiden sehingga ia bisa cawe-cawe seperti selama ini.

Menanggapi putusan itu, Mahfud MD, Cawapres 03, mengapresiasi .

“Salut kepada . Sekarang mulai kembali ke hati nuraninya. Teruskan keberanian ini demi Indonesia yang bagus,” tegas Mahfud MD di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Menurut Mahfud, putusan itu menghentikan langkah politik untuk mengendalikan pilkada 2024.

“Dan putusannya sangat bagus, untuk menghentikan dugaan langkah-langkah Pak untuk mengendalikan pilkada tahun 2024,” tegas tokoh NU asal Madura itu.

Mahfud juga menegaskan bahwa keinginan untuk memajukan pilkada 2024 itu menimbulkan dugaan masyarakat bahwa presiden asal Solo itu mau ambil peluang.

“Masyarakat lalu menduga, usul pengajuan RUU pilkada itu menjadi September itu hanya untuk memberi waktu, atau Pak ingin mengambil peluang agar dia bisa mengatur pilkada di seluruh Indonesia,” ungkap Mahfud MD.

Untungnya, ada dua mahasiswa (UI) menggugat sehingga memutuskan pilkada tetap pada 27 November 2024.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video