Ini Tujuan STIK Lemdiklat Polri Kunker ke Polres Kediri Kota | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Tujuan STIK Lemdiklat Polri Kunker ke Polres Kediri Kota

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 06 Maret 2024 20:35 WIB

Kapolres Kediri Kota, AKBP Bramastyo Priaji, saat menyerahkan cendera mata kepada Kombes Pol Arnapi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian) Lemdiklat melakukan kunjungan kerja ke Polres Kota, Rabu (6/3/2024). Kedatangan rombongan guna melakukan penelitian atas keteladanan Komjen Pol M. Yasin sebagai pahlawan nasional.

Tim STIK Lemdikat yang dipimpin Kombes Pol Arnapi didampingi oleh anggota tim Kombes Pol Yustinus Setyo I, Kombes Pol Faizal, Prof. Dr. Lindrianasari, Pembina TK. I Dr. Vita Mayastrinasari, Pembina Dr. Benyamin Lufpi, dan AKP Pandu, pendamping dari Polda Jatim.

Dalam penelitian ini dilaksanakan juga sosialisasi berupa penayangan video singkat yang mengisahkan tentang perjalanan hidup dan perjuangan M. Yasin, seorang pejuang yang lahir di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara pada 9 Juni 1920.

Diketahui, M. Yasin adalah turunan keenam dari Raja Bone ke - 22, Sultan Abdul Razak Jalaludin, yang merupakan keturunan dari Rasulullah Muhammad SAW. Ayah M. Yasin merupakan seorang saudagar dari Bone, merantau ke Buton, kemudian ke Jawa.

Di Jawa ayah M. Yasin, menjadi pedagang kelontong di Jawa Timur. Setelah ibunya meninggal, M. Yasin lalu disekolahkan di Makassar oleh pamannya dan menjadi seorang polisi, meskipun cita-citanya sebenarnya ingin menjadi penerbang.

M. Yasin menunjukkan kecemerlangannya dalam kepolisian, baik pada masa pendudukan Belanda, Jepang, maupun setelah kemerdekaan. Pada 5 November 2015, M. Yasin dianugerahi gelar pahlawan nasional sebagai polisi pertama dalam sejarah Republik Indonesia yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video