Cegah DBD, Dinkes Kota Batu Lakukan Fogging di Kelurahan Temas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cegah DBD, Dinkes Kota Batu Lakukan Fogging di Kelurahan Temas

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Agus Salimullah
Jumat, 08 Maret 2024 17:11 WIB

Petugas saat melakukan fogging di Kelurahan Temas, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tingginya kasus penyakit yang diakibatkan nyamuk, terutama di wilayah Kelurahan Temas, Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan fogging di wilayah tersebut, Jumat (8/3/2024).

Berdasarkan data yang ada, sudah ada 2 kasus kematian karena murni DBD (Temas dan Punten) dan 1 kematian DBD dengan komorbid (penyebab kematiannya adalah karena diabetes mellitus). 

Saat ini, di wilayah Kecamatan Batu terdata 85 warga terjangkit demam dengue (DD), 84 orang penderita DBD, dan 7 expanded dengue syndrome (EDS). Terbanyak di Kelurahan Temas dengan rincian 18 DD, 26 DBD, dan 4 EDS.

Infeksi dengue merupakan sekelompok penyakit yang disebabkan oleh virus dengue pada manusia. Penyakit itu dibagi menjadi DD, DBD, serta EDS yang umumnya disertai dan dikenal dengan dengue shock syndrome (DSS).

Infeksi dengue adalah penyakit infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue, dengan masa inkubasi infeksi virus dengue adalah 4-10 hari. Gejala utama adalah demam 2–7 hari disertai dengan manifestasi perdarahan, dan penurunan trombosit (trombositopenia).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video