Gelar Megengan di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Janji Geber Pasar Murah selama Ramadan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Megengan di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Janji Geber Pasar Murah selama Ramadan

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Sabtu, 09 Maret 2024 10:32 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Layaknya masyarakat Jawa Timur kebanyakan, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur menggelar tradisi megengan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/3) malam.

Pada undangan yang hadir, Adhy memaparkan makna dari digelarnya tradisi hingga sajian utama berupa apem yang mesti selalu ada di setiap kenduri yang diadakan masyarakat Jatim.

"Apem sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu afuwwun yang artinya maaf. Sehingga menjelang Ramadan ini kita diharapkan bisa saling memaafkan," kata Adhy Karyono menjelaskan.

Pj. Gubernur juga menyampaikan arti megengan dalam Bahasa Jawa yakni menahan. Dia berharap melalui tradisi ini mampu menjadi pengingat bagi semua agar dapat menahan berbagai godaan yang datang saat menjalankan ibadah puasa nanti.

"Semoga kita bisa menahan dari segala godaan di bulan Ramadan nanti. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari segala bentuk perbuatan yang bisa menggugurkan ibadah puasa kita," tutur Adhy berharap.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video