Ulama NU Aceh Tolak SE Menag soal Toa, PKS Anggap Yaqut Salah Paham Toleransi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ulama NU Aceh Tolak SE Menag soal Toa, PKS Anggap Yaqut Salah Paham Toleransi

Editor: MMA
Minggu, 10 Maret 2024 07:51 WIB

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Humas Kemenag

JAKARTA, BANGSAONLINE.com mendapat sorotan tajam dari berbagai pihak terkait Surat Edaran (SE) Kemenag tentang penggunaan atau di masjid dan musala yang dibatasi hanya 10 menit untuk luar masjid.

Sorotan tajam, di antaranya, datang dari Tgk H. , Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU). Menurut dia, penggunaan di masjid dan musala tak perlu diatur-atur. Faktanya selama ini tak ada warga Aceh yang protes berlebihan soal di masjid saat azan.

Tgk H. dikenal luas sebagai tokoh NU Aceh. Ia bahkan menjabat Ketua Tanfidziyah PWNU Aceh dan pengasuh Dayah (Pesantren) Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Sibreh, Aceh Besar.

Menurut , masyarakat Aceh justru bakal protes jika aturan Yaqut itu diberlakukan di Aceh. “Tidak perlu (aturan ). Hal seperti itu tidak perlulah kita atur sedemikian rupa. Kearifan lokal daerah kan berbeda-beda,” tegas Faisal, Jumat, 25 Februari 2022.

malah memberi saran kepada Yaqut, agar menyerahkan persoalan tersebut kepada masyarakat. Karena masyarakat yang paham kondisi sosial dan lingkungan masyarakatnya.

“Cukup dengan kearifan lokal kita saja. Makanya kembalikan saja ke masyarakat dan pengurus masjid. Kembali ke daerah masing-masing,” kata dikutip liputan6.

Sorotan tajam kepada Yaqut juga datang dari Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera () Jazuli Juweini. Ia bahkan menganggap Yaqut gagal fokus.

" gagal fokus. Menjelang Ramadhan, mestinya memotivasi dan membesarkan hati umat Islam agar menyemarakkan Ramadhan sehingga kualitas iman dan amal semakin meningkat. Mengapa justru fokus pada ?" tegas Jazuli Juweini dalam rilis yang disebar kepada wartawan, Sabtu (9/3/2024).

Pria asal Bekasi ini menilai selama ini penggunaan tidak ada masalah. Termasuk saat menteri agama dijabat orang lain sebelum Yaqut.

“Jadi, jangan salah paham tentang toleransi bangsa ini,” tegas wakil rakyat dari daerah pemilihan Banten yang menjadi DPR sejak 2004 itu.

Menurut dia, semarak Ramadhan dengan aktivitas tarawih, tadarus al-Qur'an, pengajian, adalah bagian dari semangat beribadah dan syiar komitmen beragama yang baik untuk pembangunan bangsa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video