Dinkes Kota Batu Anggap Fogging Tak Cukup Efektif Cegah DBD, Masyarakat Diminta Lakukan Hal ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dinkes Kota Batu Anggap Fogging Tak Cukup Efektif Cegah DBD, Masyarakat Diminta Lakukan Hal ini

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Agus Salimullah
Minggu, 10 Maret 2024 10:37 WIB

Ilustrasi fogging atau pengasapan untuk mencegah perkembang biakan nyamuk (dok. Ist)

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Dinas (Dinkes) Kota Batu menilai, Fogging atau pengasapan yang dilakukan untuk mengatasi kasus Demam Berdarah Dengue () secara keseluruhan di Kota Batu tidak efektif. 

Pasalnya, hanya membunuh dewasa dan tetap menyisakan telur dan jentik atau larva. 

Selain itu, juga tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat menyebabkan menjadi resisten atau kebal terhadap insektisida, sehingga pengasapan yang dilakukan akhirnya sia-sia.

"Ya, pemberantasan dewasa yang dilakukan lewat ini tidak cukup efektif dilakukan sebagai upaya pencegahan secara keseluruhan. Karena hanya membunuh dewasa sehingga tetap menyisakan telur dan jentik atau larva. Selain itu, juga tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat menyebabkan menjadi resisten terhadap insektisida, sehingga pengasapan yang dilakukan akhirnya sia-sia," ujar dr. Suzana Indahwati, Kabid Pencegahan Penularan Penyakit dan Penanggulangan Bencana Dinkes Kota Batu, Minggu (10/24).

Dijelaskan, juga dapat mencemari lingkungan. Itu sebabnya harus disertai dengan upaya pencegahan penyakit lainnya agar rantai penyebaran demam berdarah benar-benar terhenti.

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan aktivitas PSN dengan 3M Plus. Yang menjadi sasaran kegiatan PSN 3M adalah semua tempat potensial perkembangbiakan Aedes, antara lain tempat penampungan air (TPA) untuk keperluan sehari-hari, tempat penampungan air bukan untuk keperluan sehari-hari (non-TPA) dan tempat penampungan air alamiah," terangnya.

Ditambahkan, PSN 3M dilakukan dengan cara menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi/wc, drum, dan lain-lain seminggu sekali (M1). 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video