Senin Besok Yaumus Syak? Haram Puasa Sunnah? Ada Pengecualian, Siapa Saja? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Senin Besok Yaumus Syak? Haram Puasa Sunnah? Ada Pengecualian, Siapa Saja?

Editor: MMA
Minggu, 10 Maret 2024 17:32 WIB

ILUSTRASI: Para jemaah umroh sedang berada dalam Masjid Nabawi Madinah menjelang buka puasa bulan suci Ramadan. Tampak jamuan mewah gratis yang disajikan warga Madinah. Foto: Antara/aji setyawan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Yaumus Syak atau Hari Keraguan adalah hari yang belum ada kepastian tentang pergantian bulan, terutama terkait bulan suci . Sehingga belum jelas apakah hari itu sudah masuk bulan suci atau belum.

Yaumus Syak jatuh pada tanggal 30 Sya’ban. Tahun ini tanggal 30 Sya’ban bertepatan dengan hari Senin (11/3/2024) besok.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE, Muhammadiyah memastikan mengawali puasa pada Senin (11/3/2024) berdasarkan hisab atau astronomi. Sedang Nahdlatul Ulama (NU) memakai metode rukyatul hilal plus hisab.

Menurut pimpinan Bengkel Falak Indonesia, KH RM Chotib Asmuni, NU dipastikan memulai puasa Selasa (12/3/2024). “Hilal tak bisa dirukyat karena kurang dari Imkan Rukyat. Kesepakatan ketinggian hilal yang bisa dirukyat,” kata KH RM Khotib Asmuni kepada BANGSAONLINE, Jumat (8/3/2024) pagi.

Sementara pemerintah akan menggelar sidang isbat pada malam ini, Ahad (10/3/2024).

Beberapa Hadits menjelaskan bahwa puasa sunnah pada Yaumus Syak haram hukumnya. Sebagian ulama berpendapat makruh. Artinya, kalau tidak dilakukan dapat pahala, tapi kalau dilakukan tidak berdosa.

Tapi dalam hadits juga ada pengecualian. Orang-orang yang terbiasa atau istiqamah puasa sunnah Senin-Kamis malah dianjurkan puasa.

Dilansir detik.com, dalam Kitab At-Tadzhib fi Adillat Matan Al-Ghayat wa At-Taqrib karya Musthafa Dib Al-Bugha yang diterjemahkan oleh Toto Edidarmo, pendapat yang dijadikan pegangan (al mu'tamad) dalam mazhab Syafi'i adalah puasa pada hari syak itu diharamkan dan tidak sah.

Hal ini berdasarkan hadits dari Shilah bin Zufar yang menuturkan,

كُنَّا عِنْدَ عَمار بن ياسر، فأتي بشاة مَصْلِيَّة، فَقَالَ: كلوا، فَتَنَحَّى بَعْض الْقَوْم ، فَقَالَ: إِنِّي صَائِمٌ. فَقَالَ عَمَّارٌ: مَنْ صَامَ الْيَوْمَ الَّذِي يَشْكُ فيه

النَّاسُ، فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسم .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video