Waspada! Minum Kopi saat Berbuka Tidak Baik untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waspada! Minum Kopi saat Berbuka Tidak Baik untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Editor: Arief
Senin, 11 Maret 2024 17:30 WIB

Ilustrasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama bulan ramadan, kondisi tubuh kita membutuhkan banyak gula. Namun, apakah boleh minum kopi saat berbuka puasa?

Dalam kondisi perut kosong, ternyata tidak dianjurkan untuk meminum kopi. Pasalnya, akan memberikan dampak negatif pada kesehatan.

Berikut penjelasan efek minum kopi saat berbuka puasa.

Ternyata minum kopi saat buka puasa bukan pilihan yang tepat. mengandung senyawa disebut asam klorogenat dan kafein yang dapat memberikan efek samping pada tubuh, yaitu:

  • Memicu gangguan pencernaan

Langsung mengkonsumsi kopi setelah menjalan puasa akan memicu pencernaan. Gangguan pencernaan akibat minum kopi diantaranya, nyeri perut, mulas, kembung, heartburn, dan kenaikan asam lambung.

Selain itu, dari informasi yang diberikan dari International Foundation for Gastrointestinal Disorder (IFFGD), kafein pada kopi juga dapat menyebabkan diare.

  • Meningkatkan frekuensi buang air kecil

Minum kopi saat berbuka puasa dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Kondisi ini dapat mengganggu ketika seseorang akan menjalani shalat atau tarawih. Meningkatnya frekuensi buang air kecil juga memicu risiko dehidrasi atau kekurangan cairan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video