Apakah Oralit Aman Dikonsumsi Secara Rutin Saat Sahur? Simak Penjelasan Dokter | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Apakah Oralit Aman Dikonsumsi Secara Rutin Saat Sahur? Simak Penjelasan Dokter

Editor: Annisa'a Ambarnis
Rabu, 13 Maret 2024 10:51 WIB

Apakah Oralit Aman Dikonsumsi Secara Rutin Saat Sahur? Simak Penjelasan Dokter. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Oralit sering dikonsumsi oleh sebagian orang saat sahur karena diklaim bisa mencegah dehidrasi selama puasa.

Oralit adalah obat berbentuk larutan yang berfungsi menggantikan cairan serta elektrolit tubuh yang hilang akibat kekurangan cairan.

Oralit biasanya direkomendasikan bagi penderita sakit akibat diare, muntah, dan demam.

Andi Khomeini Takdir selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam mengatakan, minum oralit saat sahur aman dilakukan, tetapi tidak direkomendasikan.

Andi menyarankan oralit dikonsumsi untuk indikasi medis saja.

Andi justru merekomendasikan pengganti oralit yang terbuat dari bahan alami, seperti setengah sendok teh garam, dua sendok madu atau gula yang kemudian dilarutkan ke dalam 1 liter air.

Perlu diperhatikan bagi penderita hipertensi atau masalah jantung dan ginjal disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi larutan tersebut.

Selaras dengan Andi, Restuti Hidayani Saragih selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUP H. Adam Malik Medan tidak menyarankan oralit untuk dikonsumsi saat puasa.

"Oralit tidak diperbolehkan dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa," ujarnya.

Oralit merupakan obat yang bersifat oral rehydration yang berfungsi untuk mengembalikan status hidrasi tubuh melalui oral atau minum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video