Waktu Paling Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil, Ini Penjelasan Dokter | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waktu Paling Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil, Ini Penjelasan Dokter

Editor: Annisa'a Ambarnis
Kamis, 14 Maret 2024 10:30 WIB

Waktu Paling Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil, Ini Penjelasan Dokter. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puasa menjadi suatu hal yang menantang bagi sebagian ibu hamil. Hal itu dikarenakan ibu hami perlu asupan makanan bergizi seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dokter spesialis kandungan dr. Febrian Andhika Adiyana, Sp.OG menjelaskan bahwa ibu hamil dapat menjalankan ibadah puasa ramadan apabila tidak terjadi masalah atau kontradiksi pada kehamilannya.

Dokter Febri juga menjelaskan bahwa waktu paling aman untuk ibu hamil berpuasa ialah saat usia kehamilan memasuki trimester kedua atau ketiga.

"Sebetulnya di usia kandungan berapa pun boleh melakukan puasa. Namun, perlu digarisbawahi bilamana tidak ada kontraindikasi pada kehamilannya. Sebelum memutuskan puasa atau tidak, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungannya," jelas dokter Febri.

"Biasanya puasa bagi ibu hamil paling aman dilakukan saat sudah masuk trimester kedua ataupun ketiga. Kenapa? Karena saat trimester pertama itu biasanya wanita yang sedang hamil mengalami banyak sekali keluhan, ya mual, muntah berlebihan," tutur dokter Febri.

Penyebab mual dan muntah pada ibu hamil di trimester pertama yaitu akibat hormon yang memengaruhi produksi asam lambung menjadi berlebihan.

Sumber foto: Ist

Tips aman berpuasa bagi ibu hamil:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video