5 Makanan Sumber Energi untuk Puasa, Cocok Dikonsumsi Saat Sahur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Makanan Sumber Energi untuk Puasa, Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Editor: Annisa'a Ambarnis
Kamis, 14 Maret 2024 13:00 WIB

5 Makanan Sumber Energi untuk Puasa, Cocok Dikonsumsi Saat Sahur. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ada beberapa makanan yang menjadi sumber energi untuk berpuasa bagi umat muslim. Hal itu dikarenakan terdapat makanan yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Berikut 5 makanan sumber energi untuk puasa:

1. Pisang

Buah pisang mudah dijumpai di pasar, supermarket, ataupun minimarket. Pisang dapat menambah energi karena mengandung vitamin B6, kalium dan serat.

National Institutes of Health (NIH) mengatakan bahwa kandungan di dalam pisang dapat meningkatkan energi dan fungsi otot yang berkelanjutan.

Pisang yang berukuran sedang mengandung 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 0,4 miligram vitamin B6, 3,1 gram serat dan 422 miligram kalium.

Pisang menjadi sumber energi di dalam tubuh tanpa meningkatkan kadar gula darah dan aman untuk perut.

Pisang bisa dipadupadankan dengan susu rendah lemak atau secangkir yogurt agar tubuh mendapatkan kombinasi serat dan protein yang berenergi.

2. Kacang almond

Kacang almond dapat mengubah makanan menjadi energi karena mengandung magnesium dan vitamin B.

Dilansir dari Everyday Health, orang yang kekurangan magnesium dan vitamin B dapat merasakan kondisi tertentu.

Orang dengan kadar magnesium rendah dapat merasa cepat lelah saat berolahraga. Sedangkan orang yang kekurangan vitamin B dapat mudah marah, lelah dan kosentrasinya buruk.

Konsumsilah 23 kacang almond atau sekitar 1 ons untuk menjadi sumber energi saat puasa. Jumlah tersebut menyediakan 163 kalori, 6 gram protein, 3,5 gram serat, 6 gram karbohidrat, 76,5 miligram magnesium, dan 0,094 vitamin B6.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video