Petrokimia Gresik Raih Penghargaan di 13th Anugerah BUMN 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petrokimia Gresik Raih Penghargaan di 13th Anugerah BUMN 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Kamis, 14 Maret 2024 16:04 WIB

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo (dua dari kanan), saat menerima penghargaan. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com Gresik meraih Transformasi Digital Perusahaan Terbaik Pertama dalam 13th Anugerah 2024. Selain itu, Direktur Utama Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, juga dinobatkan sebagai Best CEO in Developing Project Smart Precision Farming.

Penghargaan secara simbolis itu diterima langsung oleh Dwi Satriyo di Jakarta, Rabu (13/3/2024). Ia mengatakan, strategi transformasi digital Gresik terus dijalankan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan di semua aspek bisnis berdasarkan analisis data yang tepat dan real time, yang pada akhirnya untuk meningkatkan efisiensi biaya.

"Seluruh karyawan Gresik harus mampu mengoptimalkan digitalisasi sehingga perusahaan bisa dan bahkan tumbuh di era persaingan yang semakin ketat ini. Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan zaman, pemanfaatan teknologi yang sudah menjadi corporate culture terus ditingkatkan implementasinya di semua aspek bisnis Gresik," ucapnya.

Disebutkan, digitalisasi telah dijalankan Gresik mulai dari proses perencanaan, pengadaan, produksi, distribusi, hingga penjualan untuk menciptakan produk berkualitas dan berdaya saing. 

Dampaknya tidak hanya dirasakan perusahaan, namun juga akan mendorong kesejahteraan petani dan kemajuan pertanian di tanah air melalui peningkatan produktivitas hasil budidaya. Di tahap perencanaan, digitalisasi yang telah dijalankan mampu meningkatkan akurasi perencanaan pengadaan bahan baku dengan aplikasi SIPS (Smart and Intelligent Procurement System).

Pada proses rantai pasok, implementasi program ISCE (Internal Supply Chain Excellence) yang merupakan integrasi seluruh sistem digital rantai pasok perusahaan, menggunakan aplikasi Warehouse Management System (WMS), Port Information System (Petroport), Digital Truck Monitoring System (DTMS), Customer Centric Excellence (2CE), Muriate of Potash Joss (MJ), dan Efficent Reliability PORT (ER-PORT).

Dengan demikian, beragam inovasi itu dapat menurunkan biaya Internal Supply Chain sebesar 37 persen, serta waiting truck time dan risiko terjadinya kerusakan pada saat pengiriman pupuk juga menurun.

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan, transformasi digital Gresik tidak hanya berfokus pada proses bisnis saja, tapi juga di bidang SDM (sumber daya manusia), salah satu contohnya untuk meningkatkan kompetensi karyawan diciptakan digitalisasi pelatihan atau Digital Learning Center (DLC) atau aplikasi pembelajaran yang terintegrasi dengan empat platform.

Pertama, Enterprise University, super platform yang tidak hanya mendigitalkan pembelajaran, tetapi memberikan pengalaman belajar secara digital sekaligus berkolaborasi, berinteraksi, dan mengeksplorasi seluruh kompetensi yang dibutuhkan melalui Video Based Learning, Digital Handout, ujian secara online, Assignment and Coaching.

Kedua, Vitual Reality, sebuah inovasi pelatihan interaktif melalui pemanfaatan teknologi virtual reality untuk memberikan tingkat pemahaman materi yang didesain dengan kondisi nyata. Ketiga, platform Augmented Reality safety induction. Keempat, 360 Plant Tour.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video