Dampak Abu Vulkanik Gunung Raung, Petani Panen Garam Kecoklatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dampak Abu Vulkanik Gunung Raung, Petani Panen Garam Kecoklatan

Minggu, 02 Agustus 2015 22:14 WIB

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Sidoagung, desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengeluh. Pasalnya, kualitas garam yang dipanen warnanya menjadi kecoklatan. Ini disebabkan dampak abu Vulkanik Gunung Raung.

Sudar, koordinator kelompok garam Sidoagung mengatakan, sejak 2 minggu terakhir ini, produksi garam di Desa Kebonagung Kraksaan, mengalami kendala, lantaran abu Gunung Raung. “Kualitasnya jelek dan garam rusak, harganya pun anjlok. Biasanya harga jualnya mencapai Rp 600/kg, sekarang menjadi Rp 400/kg. Karena garam sudah bercampur abu vulkanik dari Gunung Raung,” jelas Sudar, Minggu (2/8).

Sudar menjelaskan, biasanya garam yang ia kelola setiap kali panen dikirim ke daerah Bali, sebagai bahan kecantikan seperti dibuat mandi sauna dan kolam renang. Namun, kali ini, hanya bisa digunakan sebagai pengasinan ikan, dan dipasarkan ke daerah Puger Jember, dan daerah lokal Probolinggo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Petani Garam

Berita Terkait

Bangsaonline Video