Jangkau Tenaga Pendidikan, Dispendukcapil Kota Kediri Lakukan Aktivasi IKD untuk Guru TK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jangkau Tenaga Pendidikan, Dispendukcapil Kota Kediri Lakukan Aktivasi IKD untuk Guru TK

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 14 Maret 2024 21:56 WIB

Aktivasi Identitas Kependudukan Digital bagi pendidik dan tenaga kependidikan jenjang Taman Kanak-Kanak di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ratusan guru TK/PAUD memenuhi Aula Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan Kota Kediri dalam rangka Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang Taman Kanak-Kanak, Kamis (14/3/2024).

Agenda tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri dengan Dinas Pendidikan Kota Kediri. Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Marsudi Nugroho, mengatakan bahwa IKD merupakan hak dasar sebagai WNI, sehingga pihaknya berkewajiban melayani pemenuhannya.

“Dalam perkembangannya, KTP fisik ada keterbatasan, maka dari itu Kemendagri menerbitkan IKD. Sebagai contoh ketika di bandara kita menunjukkan tiket bisa lewat hp selanjutnya bisa menunjukkan KTP lewat hp,” ujarnya.

"Di dalam IKD, yang pasti ada KTP, KK, Surat Covid. Bagi yang PNS ada kartu pegawai, NPWP, BPJS Askes. Bagi anak PNS yang sudah 17 tahun maka Askes sudah ada di dalamnya. Jadi kalau keperluan apapun tinggal buka IKD tidak perlu mengelurkan isi dompet,” imbuhnya.

Para peserta diminta tidak perlu khawatir terkait sistem keamanan IKD, pasalnya aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan kode QR yang setiap 10 detik berganti. Ia pun berpesan kepada peserta agar menginformasikan kepada sesama guru TK yang pada hari ini berhalangan hadir agar segera mengaktifkan IKD di kantor Dispendukcapil Kota Kediri atau melalui kantor kelurahan.

“Cara pengaktifannya sangat mudah. Buka Playstore download aplikasi IKD, isi data diri, lakukan swafoto, scan QR, cek e-mail yang didaftarkan, kemudian masuk ke aplikasi IKD dengan pin yang dikirim di email,” kata Marsudi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video