Gus Irfan, Cucu Hadratussyaikh, Pendiri Pesantren Tebuireng dan NU Lolos ke Senayan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Irfan, Cucu Hadratussyaikh, Pendiri Pesantren Tebuireng dan NU Lolos ke Senayan

Editor: M Mas'ud Adnan
Sabtu, 16 Maret 2024 16:17 WIB

KH Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan). Foto: warta kota

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Salah satu tokoh muda NU yang lolos ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur adalah yang akrab dipanggil .

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini berangkat dari Dapil Jatim VIII yang meliputi Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kota Madiun, dan Kabupaten Madiun.

adalah putra KH Muhammad Yusuf Hasyim. Pak Ud – panggilan akrab - adalah putra bungsu KH M Hasyim Asy’ari, pendiri Pesantren Tebuireng dan organisasi keagamaan terbesar Nahdlatul Ulama (NU).

, selama hidupnya, selain aktif sebagai politikus juga pengasuh Pesantren Tebuireng. cukup lama mengasuh pesantren legendaris itu. Selama 41 tahun: mulai 1965 hingga 2006.

Ia kemudian menyerahkan kepengasuhan Pesantren Tebuireng kepada KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Kini Pesantren Tebuireng diasuh oleh KH Abdul Hakim Mahfud (Gus Kikin).

Sejak muda, dikenal sebagai pejuang kemerdekaan RI. Ia terlibat dalam berbagai pertempuran atau perang melawan penjajah. Bahkan, tercatat sebagai Tentara Nasional RI dengan pangkat terakhir letnan satu (lettu).

Namun tak meneruskan karir di militer. justru memilih perjuangan lewat jalur politik. aktif di PPP sehingga duduk di DPR RI. Pada orde baru hanya ada tiga partai, yaitu Golkar, PDI dan PPP.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video