Tanah Gerak Ancam Desa Gunungsari Kota Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanah Gerak Ancam Desa Gunungsari Kota Batu

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Agus Salimullah
Minggu, 17 Maret 2024 19:43 WIB

Petugas BPBD Kota Batu saat meninjau dampak tanah gerak di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ancaman bencana di Kota ternyata tidak hanya tanah longsor dan banjir bandang. Kali ini, tanah gerak terjadi di Dusun Brau RT 01/RW 10, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota , dan menyebabkan sejumlah rumah serta bangunan sekolah di sana mengalami retakan parah pada bagian tanah.

Penyebabnya dipicu kondisi tanah dan curah hujan yang tinggi lalu menyebabkan terjadinya gerakan tanah yang mengakibatkan beberapa lahan persawahan mengalami retak, SD-SMP satu atap baru juga mengalami beberapa keretakan, serta tembok di 10 rumah retak sekitar 10-18 cm, jalan aspal mengalami ambles sekitar 20-30 cm.

Rumah warga yang temboknya mengalami retak kisaran 10 sampai 18 cm tersebut antara lain atas nama Bapak Sugiari, Ngarpai, Suparno, Mas'ud, Nurcahyo, Sukadi, Janip, Suliyan, dan Isrofi.

"Sebagai langkah awal penanganan, BPBD Kota bersama warga setempat telah melakukan penutupan sementara jalan aspal yang retak," kata Kalaksa BPBD Kota , Agung Sedayu, saat dikonfirmasi, Minggu (17/3/2024).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video