Mengulik Ragam Tradisi Ramadan di Kota Mojokerto | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mengulik Ragam Tradisi Ramadan di Kota Mojokerto

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Rochmat Saiful Aris
Minggu, 17 Maret 2024 19:58 WIB

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com menjadi salah satu bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Secara umum, kebaradaan identik dengan berbagai aktivitas ibadah seperti puasa, tadarus, tarawih, sedekah, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, di tengah masyarakat muslim Indonesia terdapat berbagai kegiatan lain, yang rutin dilakukan saat hingga menjadi sebuah tradisi khas dan turun temurun sejak lama, termasuk masyarakat di Kota Mojokerto.

NGABUBURIT

Kata ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda, burit, yang berarti sore atau petang. Ini dapat diartikan, menunggu menunggu sore atau mengisi waktu hingga sore tiba. Pemakaiannya sebenarnya umum saja.

Namun, kini ngabuburit begitu masif digunakan di bulan puasa. Yakni berarti melakukan aktivitas sambil menunggu saatnya buka puasa dengan melakukan berbuka puasa. Ini biasanya dilukan sejitar 1-2 jam sebelum waktu berbuka puasa.

Tidak ada kegiatan spesifik dalam ngabuburit. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah berburu ta'jil atau kudapan untuk berbuka puasa. Nah, untuk masyarakat Kota Mojokerto dan sekitarnya, salah satu rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi adalah Pasar Takjil yang berlokasi di Pasar Loak Ketidur, Kecamatan Prajuritkulon.

Tidak hanya menyediakan beragam makanan dan minuman produksi UMKM Kota Mojokerto, Pasar Ta'jil juga menyediakan sejumlah wahana permainan ala pasar malam. Sehingga pasar yang buka mulai pukul 15.30 WIB ini cocok untuk menjadi destinasi ngabuburit berbagai usia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video