Safari Ramadan 2024, Pj Gubernur Jatim Bagikan Pelbagai Hal ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Safari Ramadan 2024, Pj Gubernur Jatim Bagikan Pelbagai Hal ini

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 18 Maret 2024 16:25 WIB

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, dalam Safari Ramadan 2024.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, mengawali rangkaian Safari 2024 dengan menyapa langsung masyarakat di Halaman Kantor Wali Kota pada Minggu (17/3/2024) sore.

Safari yang berkolaborasi dengan ini dilakukan penyerahan bantuan sosial (Bansos) kepada Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD), Bantuan untuk SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Plus, dan Tali Asih kepada penerima Lanjut Usia.

Kemudian diserahkan pula Tali Asih kepada Pilar-Pilar Sosial Jatim yaitu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pendamping PKH Plus, dan Jatim Sosial Care.

Adapun jenis bantuan yang diberikan dalam Safari Pemprov Jatim ini adalah Bantuan ASPD untuk 10 orang dan PKH Plus untuk 10 lansia, dengan jumlah per orang sebanyak Rp900 ribu.

Berikutnya Pj Gubernur Jatim juga memberikan bantuan kepada TKSK dan Tagana dengan total 20 orang penerima. Masing-masing menerima Rp1,5 juta per triwulan. Selain itu, ada pula penyerahan bantuan zakat produktif kepada 50 pelaku Usaha Ultra/Mikro dengan jumlah Rp500 ribu.

Sedangkan, apresiasi seniman Jatim juga diberikan kepada 20 orang seniman dengan jumlah sebesar Rp500 ribu per orang. Serta pemberian tali asih kepada SDM PKH Plus 10 orang, Jatim Social Care 10 orang serta santunan kepada anak Yatim sebanyak 30 orang.

Tidak hanya itu, turut diserahkan zakat produktif kepada pelaku usaha ultra mikro, serta apresiasi kepada seniman hingga santunan kepada anak yatim. Total 160 orang penerima manfaat hadir dalam Safari yang telah menjadi agenda rutin Pemprov Jatim.

Sementara pada Senin (18/3/2024) pagi, Pj Gubernur Jatim membuka gelaran Safari di Masjid Agung Kota Kediri. Mengandeng  dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Kota Kediri, dalam Safari kali ini dilakukan pemberian santunan kepada 800 orang anak yatim dan dhuafa.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Tali Asih kepada 20 orang Pilar-Pilar Sosial Jatim yaitu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Masing-masing menerima Rp1,5 juta dan Rp750 ribu. 

Selain itu, ada pula penyerahan bantuan zakat produktif kepada 50 pelaku Usaha Ultra/Mikro sebesar Rp500 ribu. Serta, apresiasi khusus kepada 20 orang seniman di Kota Kediri sebesar Rp500 ribu per orang.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jatim mengatakan bahwa Safari ini digelar di beberapa kabupaten/kota di Jatim. Yang mana, selain diisi dengan pemberian bantuan sosial dan zakat produktif, Safari ini juga diisi dengan gelaran pasar murah yang menjual berbagai sembako dengan harga terjangkau.

"Ini adalah upaya Pemprov Jatim untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat sebagai penerima manfaat. Bukan hanya yang miskin/rentan, tapi juga pekerja seni dan pilar-pilar sosial. di mana kita berterima kasih atas kontribusinya," ujarnya.

Adhy melanjutkan, percepatan penurunan kemiskinan dan pengentasan masalah sosial akan terwujud bila pemerintah kabupaten/kota juga senantiasa ikut memperhatikan program-program prioritas yang langsung berdampak bagi masyarakat.

Selain itu, pemberian tali asih kepada pilar-pilar sosial dan seniman, dijelaskan merupakan bentuk perhatian Pemprov Jatim atas partisipasinya dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan kebudayaan di Jawa Timur.

"Khusus kepada seluruh pegiat seni yang ada di , saya ucapkan terima kasih. Apresiasi penuh kami sampaikan kepada seluruh seniman yang sudah nguri-nguri, mengembangkan, menghidupkan dan menjaga budaya di , bahkan Jawa Timur," ucapnya.

Menurut Adhy, momen bulan selalu dinantikan oleh seluruh umat Islam untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Salah satu bentuk amalan dalam bulan adalah membahagiakan anak yatim dan kaum dhuafa.

"Jadi di bulan ini, semua amal kebaikan baik dari Pemprov maupun mitra kerja harus ditumpahkan semua supaya seluruh masyarakat tidak ada lagi yang kesulitan," ucapnya.

Budaya menyantuni anak yatim sendiri, disebutnya sudah sangat melekat di setiap acara Pemprov Jatim sejak kepemimpinan Gubernur Jatim periode 2019-2024, Indar Parawansa.

"Secara khusus, kami sampaikan apresiasi kepada Ibu , beliaulah yang mengajarkan kepada seluruh jajaran Pemprov Jatim untuk memulai kegiatan dengan menyantuni anak yatim. Untuk itu, kami berkomitmen untuk meneruskan tradisi yang sangat positif ini," urai Adhy.

Selain santunan kepada anak yatim, penyaluran Bansos dan tali asih kepada pilar-pilar sosial Jatim serta Zakat Produktif kepada pelaku usaha ultra mikro, disebut Adhy, merupakan wujud perhatian Pemprov Jatim.

"Penyaluran Zakat Produktif ini merupakan salah satu upaya kita agar masyarakat terhindar dari jeratan rentenir," ucapnya.

Untuk itu, ia turut serta mengajak masyarakat memperbanyak amalan-amalan kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah dan berzakat, terutama di Bulan . Berzakat yang merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan.

"Dengan berzakat, kita memperkuat pondasi keimanan, menolong kaum Dhuafa, menyucikan jiwa dari sifat kikir serta meningkatkan ketenangan batin," tuturnya.

Kepada penerima Tali asih dari Pilar sosial dan Seniman, Pj. Gubernur Adhy juga menyampaikan terima kasih atas peran pentingnya di masing-masing bidang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video