Update Gempa di Tuban: 1 Gempa Utama dan 20 Gempa Susulan, Beberapa Rumah Rusak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Update Gempa di Tuban: 1 Gempa Utama dan 20 Gempa Susulan, Beberapa Rumah Rusak

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Suwandi
Jumat, 22 Maret 2024 16:49 WIB

Salah satu rumah warga di Tuban ambruk terdampak gempa bumi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Peristiwa gempa bumi terjadi di Kabupaten dengan titik gempa sekitar 126 kilometer Timur Laut , Jawa Timur, Jum'at (22/3/2024), pukul 11.22 WIB.

Gempa tersebut dirasakan hampir di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut BMKG , gempa pertama tercatat berkekuatan 6.0 SR dengan kedalaman 10 kilometer dengan kordinat 5.74 LS dan 112.32 BT. Tercatat ada 21 kali gempa dengan rincian 1 gempa utama dan 20 gempa susulan.

"Ada tiga gempa yang terasa oleh masyarakat, yaitu pada gempa utama berkekuatan 6.0 SR dan gempa susulan ke-6 yang berkekuatan 5.3 SR. Lalu, gempa yang terbaru pukul 15.52 WIB dengan kekuatan 6.5 SR. Sedangkan, yang lain tak dirasakan masyarakat," kata Kepala BMKG , Zem Irianto Padama ketika dikonfirmasi melalui ponselnya.

Zem mengatakan gempa tersebut sempat membuat warga Kabupaten berhamburan keluar, baik yang berada di dalam gedung maupun dalam rumah.

Tercatat hampir 20 kecamatan di Kabupaten merasakan adanya getaran gempa. Bahkan, berdasarkan laporan BPBD ada beberapa bangunan yang terdampak akibat gempa tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video