Sayangkan Banyaknya Hoaks Gempa Tuban, Khofifah Beri Pesan Menyentuh | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sayangkan Banyaknya Hoaks Gempa Tuban, Khofifah Beri Pesan Menyentuh

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Sabtu, 23 Maret 2024 11:59 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024, Indar Parawansa, menyayangkan banyaknya berita bohong yang bertebaran mengenai gempa Tuban di media sosial dan aplikasi pesan berjejaring.

Menurutnya, penyebaran kabar bohong tersebut malah akan menambah keresahan di masyarakat yang saat ini masih was-was lantaran gempa masih terus terjadi.

Selain itu, penyebaran kabar bohong, misinformasi, dan disinformasi menjadi salah satu faktor penghambat dalam mitigasi bencana.

"Ini bulan puasa, jangan sampai dikotori oleh aksi-aksi yang tidak bertanggungjawab dan meresahkan masyarakat seperti ini," ungkap yang tengah melakukan Safari Ramadan di Lumajang hari ini, Sabtu (23/3/2024).

Sebelumnya, beredar di media sosial dan WhatsApp group video dampak gempa bumi di Pulau Bawean pada hari Jumat, 22 Maret 2024.

Setelah ditelusuri, video tersebut bukan dampak dari gempa magnitudo 6,5 di Laut Jawa sekitar 130 kilometer Timur Laut Tuban, melainkan dampak dari bencana gempa bumi di Cianjur pada 21 November 2022.

Berkaca pada hal tersebut, meminta kepada masyarakat untuk mencari sumber informasi terkait bencana gempa ini dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga, informasi keliru tidak akan menyebar dengan masif.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video